Pantau Arus Mudik di Terminal Cicaheum, Ridwan Kamil: Semua Lancar

Libur panjang Lebaran bantu antisipasi kemacetan lalu lintas

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terus memastikan kondisi pemudik aman dan lancar. Kali ini, Emil didampingi istrinya Atalia Kamil meninjau langsung pelaksanaan arus mudik yang terjadi di Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Sabtu(1/6).

Dalam kesempatan itu, Emil menyapa para pemudik yang menggunakan bus antar provinsi jurusan Bandung-Surabaya dan Bandung-Tasikmalaya. Di dalam bus, gubernur dan istri sempat berbincang dengan warga yang akan mudik ke kampung halamannya.

"Selamat mudik ya bu," kata Emil kepada salah seorang penumpang di bus jurusan Bandung-Surabaya.

Emil mengatakan, pelaksanaan mudik tahun ini diharapkan lancar dan aman. Kondisi itu setelah pemerintah provinsi Jawa Barat terus melakukan pengecekan langsung kesiapan arus mudik bersama pemerintah pusat.

"Alhamdulillah sudah beberapa kesempatan kita mengecek kesiapan mudik, kemarin dengan Kapolri, Panglima TNI di Cikopo, Kabupaten Purwakarta, hari ini di Terminal Cicaheum," kata dia.

Emil mengatakan dengan meninjau langsung pelaksanaan mudik ke sejumlah titik maka dirinya bisa mengetahui langsung kondisi terkini tentang arus mudik Lebaran tahun ini.

Menurut dia, panjangnya masa libur Lebaran yang terjadi pada tahun ini sangat membantu para pemudik dalam memanfaatkan waktu untuk pulang kampung halaman. Sebab, selain berbagai macam skenario yang disiapkan pemerintah dalam mengantisipasi kemacetan, libur panjang Lebaran juga cukup efisien dalam mengantisipasi penumpukan calon pemudik.

"Skenario satu arah di jalan tol ini sangat membantu. Saya monitor hari ini juga lancar. Kita diuntungkan ada libur kemarin, dan jumat hari kejepit, jadi orang memilih pulang di tahun ini banyak pilihan pilihan yang lebih leluasa. Sehingga saya berharap mudik tahun ini lebih lancar dibandingkan tahun lalu ditambah ruas tol jalur utara kan sudah selesai," ujar dia.

Pantau Arus Mudik di Terminal Cicaheum, Ridwan Kamil: Semua LancarIDN Times/Humas Jabar

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya