OKP Minta DPP KNPI Tak Rusak Persatuan Pemuda Jabar

Musda KNPI Jabar diagendakan digelar hari ini

Bandung, IDN Times - Tokoh dan organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) di Jawa Barat yang bernaung dalam KNPI meminta DPP KNPI tidak merusak keutuhan dan persatuan pemuda Jawa Barat. Unsur tingkat pusat organisasi tersebut diminta tidak menghalangi musyawarah daerah XV Pemuda/KNPI Jawa Barat yang digelar 25 Agustus ini.

Mantan ketua KNPI Jawa Barat periode 1997-2001, Agus Salide meminta, DPP KNPI tidak mengganggu persatuan dan keutuhan pemuda Jawa Barat yang tercermin dalam KNPI. Menurutnya, musda ini merupakan keinginan semua unsur OKP demi kemajuan pemuda di daerahnya itu.

"Menjaga persatuan pemuda dalam KNPI, bisa jalan sendiri, tanpa pimpinan juga. Dewan pengurus, OKP pemilik saham KNPI Jawa Barat terbesar, biarkan mengurus dirinya sendiri, jangan diintervensi," ujarnya saat menggelar pertemuan dengan sejumlah tokoh dan OKP di Jawa Barat.

1. Jangan sisipkan Musda KNPI Jabar dengan unsur politis

OKP Minta DPP KNPI Tak Rusak Persatuan Pemuda JabarIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Dia menjelaskan, pernyataannya ini menyikapi adanya DPP KNPI yang meminta musda ditunda. Menurut dia, hal ini tidak tepat dan sangat kental unsur politis.

"Masa depan KNPI Jabar, biar kami yang menentukan," ucapnya. Terlebih, menurutnya permintaan penundaan musda ini akan memecah persatuan pemuda Jawa Barat yang saat ini sudah terjaga dengan baik.

"Musda KNPI Jabar ini forum paling konstitusional. Semua OKP sepakat menggelar musda. Semua sama, punya hak satu suara," ujarnya.

Dia pun mempertanyakan adanya DPP KNPI yang meminta musda ditunda. "Atas alasan apa? SK? DPP-nya saja pecah 4, harus SK yang mana?" tanya dia seraya menyebut kondisi pemuda Jawa Barat yang tercermin dalam Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) sudah sangat baik, sehingga permintaan ditundanya musda hanya akan merusak soliditas.

2. Musda dilakukan sesuai dengan AD/ART

OKP Minta DPP KNPI Tak Rusak Persatuan Pemuda JabarIDN Times/Istimewa

Hal serupa disampaikan Sekretaris FKPPI Jawa Barat, Sally Fabian. Menurut dia, pihaknya bersama seluruh OKP yang bernaung dalam organisasi tersebut mendukung digelarnya musda yang salah satu agendanya memilih ketua umum yang baru.

"Kami bersiap-siap menuju lokasi musda, jadi kami bertekad bahwa hasil kesepakatan kami, dengan mempertimbangkan berbagai hal, kami bertekad melaksanakan musda tanggal 25 sekarang ini," katanya.

Menurutnya, musda yang dilaksanakan sekarang ini sudah sesuai tahapan dan AD/ART organisasi sehingga tidak ada alasan prinsip untuk ditunda.

"Ini sudah dipersiapkan dengan baik, sesuai aturan, dan ini berdasarkan keinginan semua stakeholder di KNPI Jawa Barat," tegasnya. Dia menambahkan, "Tidak boleh menghambat, ini untuk kepentingan pemuda Jawa Barat dan nasional. Kami semua OKP siap menghadapi yang menghambat dengan segala risikonya. FKPPI terdepan untuk melawan itu," ujarnya.

3. OKP Jabar solid mendukung Musda KNPI Jabar tetap berlangsung

OKP Minta DPP KNPI Tak Rusak Persatuan Pemuda JabarIDN Times/Istimewa

Sekretaris MPW Pemuda Pancasila Jawa Barat, Dian Rahadian menilai, legalitas formal yang dipersoalkan salah satu DPP KNPI tidak relevan karena organisasi di tingkat pusat itu terpecah menjadi 4. "Sudah tidak ada relevansinya karena DPP-nya banyak," ucapnya.

Meski begitu, menurutnya persyaratan administrasi musda KNPI Jawa Barat ini sudah ditempuh dan sesuai AD/ART. Hal inipun dibenarkan Wakil Ketua Umum DPP KNPI versi ketua umum.

Ketua Rumah Kita, Suryawan, memastikan pihaknya bersama seluruh OKP siap menyukseskan musda KNPI. "Kami solid untuk mendukung musda sekarang," ujarnya.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua Umum DPP KNPI (versi kongres Borobudur 2018), Pamriadi, mendukung pelaksanaan musda KNPI Jawa Barat. Dia memastikan merestui kegiatan itu karena sesuai dengan AD/ART.

"DPP KNPI kami punya SK Kemenkumham. Kami memastikan musda ini legal dan sah. Ketua umum kami akan hadir beserta unsur DPP lainnya," ujarnya.

Baca Juga: Digelar Hari Ini, OKP Jabar Sepakat Musda XV KNPI Jabar Tidak Diundur

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya