Cinta Tak Pandang Usia, Pernikahan Kakek Sondani Cirebon Bikin Heboh

Ada jumlah mas kawin yang fantastis

Cirebon, IDN Times - Pernikahan Haji Sondani (63 tahun) dengan Fia Barlanti (19 tahun) menjadi sorotan publik di jagat media sosial. Kedua mempelai asal Cirebon, Jawa Barat itu, kembali menyadarkan masyarakat bahwa cinta tidak memandang usia.

Perbedaan umur pasangan suami istri itu terpaut sangat jauh: 44 tahun. Pernikahan yang dilangsungkan di Desa Tegalgubug Lor, Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon, tersebut menghebohkan masyarakat.

1. Awal bertemu saat perjalanan ziarah

Cinta Tak Pandang Usia, Pernikahan Kakek Sondani Cirebon Bikin HebohFoto bersama keluarga kakek Sondani menikahi Fia, gadis usia 19 tahun. (Dok/istimewa)

Sandoni merupakan warga asal Desa Arjawinangun, sementara sang pujaan hati dari desa tetangga, Tegalgubug Lor. Dari sumber yang beredar, Sondani bertemu dengan Fia saat perjalanan ziarah.

Pertemuan itu berlanjut hingga ke jenjang pernikahan. Kabarnya, Sondani memberikan mahar nikah kepada keluarga Fia bernilai fantastis, yakni uang senilai ratusan juta rupiah. Tak hanya itu, Sondani pun berniat memberangkatkan kedua orangtua dan 16 anggota keluarga Fia pergi umrah.

2. Pernikahan diiringi 500 orang

Cinta Tak Pandang Usia, Pernikahan Kakek Sondani Cirebon Bikin HebohKakek Sondani dan Fia menunjukkan foto buku nikah. (Instagram/CCTV publik)

Sumber terdekat Sandoni, Kepala Desa Arjawinangun, Haji Maman mengatakan, pada saat tradisi pindah peturon, jumlah warga yang mengantar mencapai 500 orang. Menurutnya, tradisi pindah peturon ini bisa dilakukan sehari setelah melangsungkan pernikahan.

"Jumlah yang mengantar sekitar 500 orang. Tradisi ini  sudah ada sejak zaman dulu karena orang dulu kalau sudah nikah berhak memindahkan istri ke rumah suami," ujar Maman, di Desa Arjawinangun, Kabupaten Cirebon, Selasa (25/5/2022).

3. Memberangkatkan umroh adalah nazar Sondani

Cinta Tak Pandang Usia, Pernikahan Kakek Sondani Cirebon Bikin HebohFoto pernikahan Haji Sondani dan Fia. (Instagram/CCTV publik)

Diketahui, Sondani ternyata merupakan duda. Status itu resmi disandangnya setelah istrinya meninggal dunia karena sakit. Sebelum istrinya meninggal, Sondani bernazar, jika bisa menikahi gadis, maka akan mengajak kedua orangtuanya berangkat umroh.

Maka setelah menikahi Fia terpenuhi, Sondani langsung menunaikan janjinya tersebut. Dia akan memberangkatkan keluarga Fia pergi umrah. Konon, sebanyak 16 orang anggota keluarga mertuanya akan ikut diberangkatkan.

4. Mas kawin sebidang tanah

Cinta Tak Pandang Usia, Pernikahan Kakek Sondani Cirebon Bikin HebohFoto pengantin Fia yang menikah dengan Haji Sondani. (Instagram/CCTV publik)

Sementara itu, Pembantu Pegawai Pencatat Nikah (P3N) Desa Arjawinangun, Muslimin mengatakan, mas kawin yang tertera di buku nikah Sondani yaitu sebidang tanah seluas 10 bata atau setara dengan 140 meter persegi.

Sedangkan seserahan yang diberikan kepada keluarga Fia yaitu uang tunai sebesar Rp50 juta, emas 40 gram, dan satu unit sepeda motor. "Kalau ditotalkan keseluruhan mas kawin sekitar Rp350 juta. Kalau beredar kabar sampai 700 juta saya tidak tahu," ujarnya.

Baca Juga: Bikin Tercengang! 9 Potret Muda Ayah, Kakek, dan Nenek Rizky Billar

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Memiliki Kakek Nenek yang Baik, Patut Disyukuri!

Baca Juga: Viral Pernikahan Anak di Wajo Sulsel, Suami-Istri Masih Siswa SMP

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya