Wisata ke Bandung? Yuk Intip Lukisan Hitam-Putih di Grey Art Gallery

Banyak karya dari seniman baru dihadirkan di sini

Bandung, IDN Times - Berwisata ke Kota Bandung nampaknya kurang puas jika tidak berkunjung di Jalan Braga. Jalanan sepanjang 850 meter ini menjadi pilihan wisata kota tua di Bandung dengan beragam tempat makan, swafoto, maupun karya kesenian.

Salah satu tempat seni yang bisa wisatawan kunjung ketika berjalan di Braga adalah Grey Art Gallery. Tempat pameran ini kerap menawarkan beragam hal untuk dinikmati wisatawan yang datang ke Bandung.

Kali ini, Grey Art Gallery kembali menampilkan lukisan dengan tema hitam putih. Melalui konsep pameran '1st Grey Annual Award', Grey Art Gallery coba berfokus pada ekspresi artistik dengan penekanan terhadap penciptaan karya monokromatik yang mengacu pada karya dengan penggunaan variasi tingkat kecerahan atau kegelapan dalam nuansa abu-abu atau di antara hitam ke putih.

Salah satu karya seni yang banyak menarik minat pengunjung adalah lukisan Presiden pertama Indonesia, Soekarno. Dalam lukisan tersebut terlihat belasan anak-anak sekolah dasar yang berada di sekitar Soekarno.

Keceriaan mereka terlukis dalam sebuah lukisan berwarna hitam putih karya seniman bernama Toto Muhammad Setiawan. Toto tertarik melukis potret itu, karena ekspresi wajah-wajah kegembiraan itu nampak terlihat polos.

Lukisan itu berjudul 'Cinta Bung Karno' yang diproduksi tahun 2023 oleh Toto, dicat menggunakan cat minyak di atas canvas berukuran 100×80 cm dan dipajang 1st Grey Annual Award Black and White yang digelar di Grey Art Gallery, Braga, Kota Bandung.

1. Banyak seniman baru berkolaborasi pada pameran ini

Wisata ke Bandung? Yuk Intip Lukisan Hitam-Putih di Grey Art GalleryIDN Times/Debbie Sutrisno

Art Support Grey Art Gallery Chamid Nur Dwaji mengatakan, 1st Grey Annual Award digelar untuk memunculkan seniman-seniman baru di dunia seni rupa nasional dan internasional.

Dalam pameran ini ada 110 karya seni rupa yang dibuat oleh 115 orang seniman dan seluruh karyanya mengusung tema hitam dan putih.

"Grey adalah warna turunan hitam dan putih, korelasi dan hubungan itu kita buat tematik dan yang dibangun kurator adalah sekarang terlalu ekstra ordiniary dan terlalu susah dipahami masyarakat awam, sementara hitam putih mudah dipahami masyarakat," ujar Chamid, Minggu (21/1/2024).

2. Pengunjung bisa ikut memberikan nilai kepada karya para seniman

Wisata ke Bandung? Yuk Intip Lukisan Hitam-Putih di Grey Art GalleryIDN Times/Debbie Sutrisno

Dia menuturkan, pada pameran kali ini terdapat lomba untuk para seniman. Proses penjurian akan dilakukan hingga akhir Bulan Februari dan akan diumumkan pada 8 Maret 2024 mendatang.

"Proses penjurian, juri akan lihat secara teknis, secara visual dan keterhubungan, serta korelasi tematik yang dibuat juga selera juri. Di mana akan tentukan 10 besar, setelah 10 besar juri akan wawancara finalis untuk tentukan pemenang," tuturnya.

Chamid menambahkan, pada pengharagaan ini karya yang memenangkan Gray Award akan mendapatkan uang tumai Rp100 juta, Black Award Rp50 juta dan White Award Rp25 juta.

"Kita juga ajak masyarakat untuk memberikan suara pemenang People Coice Award dan kita libatkan beberapa gallery di Indoensia untuk memilih karya pilihan mereka yang masing-masing akan mendapatkan Rp15 juta," ujarnya.

Kurator pameran ini, Rifky Goro Effendy mengatakan, karya terbaik dalam pameran ini akan memberikan dampak baik bagi seniman yang bersangkutan.

"Melalui award, yang dilakukan secara open call, orang yang tadinya tidak dilihat oleh kutator atau gak sempat terlihat, misalkan dia tidak bergaul atau tidak pandai bermedsos, kita gak tahu karyanya, kalau ada open call mereka bisa dan ada kesempatan bisa menunjukkan pada kita," tuturnya.

3. Ini biaya untuk masuk ke Grey Art Gallery

Wisata ke Bandung? Yuk Intip Lukisan Hitam-Putih di Grey Art GalleryIDN Times/Debbie Sutrisno


Untuk masuk ke tempat ini, wisatawan cukup membayar Rp15 ribu per orang ketika datang di hari Senin sampai Kamis. Sedangkan di akhir pekan yakni Jumat hingga Sabtu harga tiket Rp25 ribu per orang.

Grey Art Gallery pun akan menggratiskan tiket untuk 7.500 pengunjung pertama yang melakukan minting NFT menggunakan aplikasi dari Tezos/Ultramilk.

Grey Art Gallery merupakan ruang kreatif baru yang memberikan pengalaman artistik yang unik dan inspiratif di Kota Bandung. Tempat ini menghadirkan pengalaman artistik, ekspresi seni rupa, dan nilai-nilai edukatif seni melalui beragam program pameran, workshop, residensi, dan diskusi.

Baca Juga: 9 Ide Dekorasi Ruang Tamu dengan Lukisan, Menambah Estetika Ruangan!

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya