Comscore Tracker

Susi Pudjiastuti Kritik Rencana Kementerian ESDM Belanja Rice Cooker

Pemerintah berniat bagi 680 ribu rice cooker ke warga

Bandung, IDN Times - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana membagikan alat penanak nasi alias rice cooker secara cuma-cuma kepada masyarakat. Bantuan tersebut masuk dalam program Bantuan Penanak Nasi Listrik (BPNL). Pemberian rice cooker itu bagian dalam mendukung pemanfaatan energi bersih dan menghemat biaya masak masyarakat.

Rencana pembelian rice cooker ini pun mendapat tanggapan negatif dari masyarakat, salah satunya mantan Menteri KKP Susi Pudjiastuti.

"Kementrian ESDM belanja rice cooker kali ini, terus belanja juicer, mixer dan lain-lain. Yang begini emak-emak bisa beli termurah tercepat di shopee atau tokped (tokopedia)," kata Susi melalui kicauannya di akun Twitter pribadi, Minggu (4/12/2022).

1. Lebih baik perbanyak panel surya

Susi Pudjiastuti Kritik Rencana Kementerian ESDM Belanja Rice CookerDokumentasi pribadi

Menurut Susi, seharusnya pemerintah dalam hal ini Kementerian ESDM bisa mengeluarkan anggarannya untuk belanja panel surya yang dibagikan pada emak-emak. Nantinya para tenaga ahli di bidang ini bisa mengajarkan masyarakat agar mampu memanfaatkan panel surya.

"Berpacu menuju swasembada energy terbarukan," kata Susi.

2. Berencana siapkan 680 rice cooker untuk masyarakat

Susi Pudjiastuti Kritik Rencana Kementerian ESDM Belanja Rice Cookerwww.philips.co.id

Sebelumnya, Subkoordinator Fasilitasi Hubungan Komersial Usaha Ketagalistrikan Direktorat Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Edy Pratiknyo mengungapkan, ada sebanyak 680 ribu unit rice cooker akan dibagikan ke masyarakat pada 2023 mendatang.

Pemberian rice cooker itu disebut Edy jadi bagian dalam mendukung pemanfaatan energi bersih dan menghemat biaya masak masyarakat.

"Paket program ini akan diberikan sekitar Rp500 ribu per keluarga penerima manfaat (KPM)," ucap Edy dalam Forum Diskusi Publik, Jumat (25/11/2022).

3. Kemenkeu rapat dulu dengan Kem-ESDM

Susi Pudjiastuti Kritik Rencana Kementerian ESDM Belanja Rice CookerMenteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati (youtube.com/sekretariatpresiden)

Terkait pengadaan ini, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan masih perlu berdiskusi terkait anggaran untuk program rice cooker gratis. Menurutnya, dia perlu melihat ketersediaan anggaran di Kementerian ESDM untuk program tersebut.

"Nanti kita diskusikan sama Kementerian ESDM di dipanya. Ada apa enggak? Bagaimana bentuknya," kata Sri Mulyani usai menghadiri Rapimnas KADIN 2022 di Jakarta, Jumat (2/12/2022).

Baca Juga: Siap-siap! Pemerintah Mau Bagi-bagi Rice Cooker Gratis ke Masyarakat

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya