Comscore Tracker

Mahasiswa FSRD ITB Terpilih Mendesain Poster Film Pixar Turning Red

Ilustrator dari Indonesia makin banyak yang dilirik

Bandung, IDN Times - Seorang mahasiswa dari jurusan Desain Komunikasi Visual pada Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB mendapat kehormatan untuk membuat poster resmi film Turning Red.

Hal ini diketahui setelah akun Twitter @PixarTurningRed dan Instagram @pixarturningred mengunggah ilustrasi poster film mereka dengan nuansa yang berbeda dari poster resmi pada awal rilis film beberapa waktu lalu. Ilustrasi poster tersebut diunggah dengan kredit pada bagian deskripsi “Poster by: Emmanuelle Elizabeth”.

Emmanuelle Elizabeth merupakan mahasiswa angkatan 2020 FSRD ITB. Emma kerap membuat ilustrasi-ilustrasi dengan gaya khas dan ceria pada akun sosial medianya. Lewat berbagai Film Disney yang ia tonton sejak kecil, Emma terinspirasi dalam membuat karya-karyanya hingga saat ini.

“Salah satunya emang yang paling menginspirasi aku itu film-film Disney yang udah jadi kesenanganku sejak kecil. Entah kenapa aku selalu merasa semangat hidup banget tiap abis nonton film Disney,” ujar Emmanuelle melalui siaran pers ITB dikutip IDN Times, Minggu (17/4/2022).

1. Gemar dengan film dari Disney sejak lama

Mahasiswa FSRD ITB Terpilih Mendesain Poster Film Pixar Turning Redseventeen.com

Kegemaran Emmanuelle pada film-film Disney yang tertuang pada gayanya dalam berkarya membuahkan hasil yang sangat tak terduga. Tim Disney memintanya untuk membuat poster film terbaru Pixar yang bertajuk Turning Red.

“Saat aku tau Disney minta aku untuk mengilustrasikan poster dari film Turning Red, aku sangat senang dan excited karena aku pribadi merasa sangat terhubung dengan filmnya,” ujar Emma.

Emmanuelle juga mengaku merasa sangat terhubung dengan tokoh utama pada film tersebut. Sebagai Chinese Asian, dia sangat menyukai film ini karena Pixar Turning Red mengangkat cerita yang sangat relatable berhubungan dengan penerimaan diri, persahabatan, dan hal-hal yang kita semua alami saat menginjak usia remaja.

2. Poster film ini kental dengan budaya China

Mahasiswa FSRD ITB Terpilih Mendesain Poster Film Pixar Turning RedIDN Times/Istimewa

Dalam proses berkarya, Emmanuelle, sebagai ilustrator, melakukan beberapa tahapan. Salah satunya adalah mencerna cerita yang berusaha disampaikan oleh film tersebut,

“Aku juga banyak mencari tau tentang audiens nya untuk siapa, apa keunikan dari film ini, dan apa hal yang menarik dari film ini menurut pandangan mataku sebagai ilustrator,” ujar ilustrator muda ini.

Selain menonjolkan karakter utama “Mei” pada Film Turning Red ini, Emmanuelle juga ingin menunjukan budaya oriental yang kental diceritakan pada Film tersebut pada posternya.

“Aku sangat menyukai budaya chinese yang pixar gambarkan dalam film ini, hingga di posternya aku gambar atap temple-nya lalu juga ukiran panda merah sebagai border dari posternya,” ujar Emmanuelle.

3. Menikmati setiap proses pembuatan poster

Mahasiswa FSRD ITB Terpilih Mendesain Poster Film Pixar Turning Redpexels/rawpixel

Menurut Emmanuelle, tantangan terberat dalam membuat poster ini ada pada tahap mencari ide dan sketsa. Namun, hal itu dapat ia tangani dengan cukup baik.

“Biasanya sih aku coba untuk ngumpulin mood ku dulu dan coba bikin poin-poin untuk memperjelas apa yang ingin aku sampaikan dalam posternya,” ujar Emma.

Emma juga berkata bahwa Disney cukup kooperatif dalam proses pembuatan poster ini. Menurutnya, Disney memberi tenggat waktu yang pas dan tahap tinjauan yang sistematis dalam pembuatan poster tersebut, sehingga ia merasa terarah dan menikmati setiap proses pengerjannya.

Baca Juga: 5 Film Animasi Pendek Pixar Ini Penuh dengan Pesan Moral

Baca Juga: 5 Film dan Serial Disney+ Hotstar yang Tayang April 2022, Bagus Semua!

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya