Comscore Tracker

Lagi dan Lagi, Tembok Hias di Baksil Kota Bandung Jadi Korban Vandalisme 

Wali Kota minta masyarakat jaga dengan baik fasilitas umum

Bandung, IDN Times - Aksi vandalisme kembali terjadi di Kota Bandung. Sasaran pengrusakan tersebut dilakukan di tembok babakan siliwangi (baksil) yang telah dihias beberapa waktu lalu.

Kejadian ini viral setelah Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengunggah video pencoretan di akun Instagram resmi miliknya. Dalam video tersebut terlihat dua orang menumpaki sepeda motor berhenti di sekitar tembok Baksil. Keduanya lantas melakukan pencoretan di salah satu sudut tembok.

"Tidak baik dan jangan ditiru. Warga Bandung, aksi vandalisme dijalan Siliwangi terekam CCTV. Tentu ini perbuatan tidak baik dan masuk di dalam kategori merusak fasilitas umum," ujar Yana, Minggu (9/1/2022).

1. Ajak masyarakat melukis di tempat yang seharusnya

Lagi dan Lagi, Tembok Hias di Baksil Kota Bandung Jadi Korban Vandalisme Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana. IDN Times/Debbie Sutrisno

Yana mengatakan, tujuan melukis tembok tersebut yaitu untuk mempercantik Bandung. Sayang, ada saja ulah tangan jahil tidak bertanggung jawab yang merusak kawasan ini.

Untuk menghindari vandalisme serupa, Yana mengajak masyarakat Bandung yang mempunya bakat untuk melukis di tempat yang seharusnya.

"Tong ngisinkeun diri sendiri ya (jangan mempermalukan diri sendiri)," kata dia.

2. Mari menjaga setiap tempat di Kota Bandung

Lagi dan Lagi, Tembok Hias di Baksil Kota Bandung Jadi Korban Vandalisme IDN Times/Debbie Sutrisno

Kejadian ini pun membuat Yana amat kecewa. Dia bingung harus melakukan apalagi agar pengrusakan tak terulang kembali.

Yana mengajak masyarakat yang mencintai Bandung agar sama-sama menjaga fasilitas yang ada. "Kalau memang tidak bisa berkontribusi baik tenaga atau pemikiran, setidaknya jangan merusak," pungkasnya.

3. Vandalisme sempat terjadi di lukisan tembok jembatan Pasupati

Lagi dan Lagi, Tembok Hias di Baksil Kota Bandung Jadi Korban Vandalisme IDN Times/Debbie Sutrisno

Aksi pengrusakan lukisan tidak hanya sekali di tembok Baksi. Kejadian serupa telah terjadi beberapa waktu lalu untuk kemudian dibersihkan kembali oleh Pemkot Bandung.

Tak hanya itu, vandalisme seperti ini juga sempat terjadi di tembok jembatan pasupati. Berbagai gambar hasil vandalisme menempel. Bahkan poster serupa wajah Jokowi yang tertutup masker pun sempat mejeng di sini.

Baca Juga: Baru Dicat, Aksi Vandalisme Muncul di Tembok Babakan Siliwangi

Baca Juga: Tembok Jembatan Pasupati Dilukis, Vandalisme Diharap Tidak Merusaknya

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya