Comscore Tracker

Kebakaran di Balaikota Bandung, Yana Mulyana Pastikan Tak Ganggu Pelayanan Publik

Saat kebakaran Yana Mulyana sedang gelar rapat pengupahan

Bandung, IDN Times - Wali Kota Bandung Yana Mulyana memastikan kebakaran di Gedung Bappelitbang, di Balai Kota, tidak akan menganggu pelayanan pada masyarakat. Sebab, gedung ini lebih banyak bekerja untuk internal pemerintah daerah.

"Tidak ada pelayanan publik (di Bappelitbang). Karena lebih internal," kata Yana, Senin (7/11/2022).

Dia menuturkan, saat kejadian tersebut tengah menggelar rapat dengan Dewan Pengupahan Kota Bandung. Awalnya, audiensi berjalan sesuai rencana. Mulai dari laporan Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan beberapa sanggahan dari anggota Dewan Pengupahan.

Berjalan sekitar 40 menit, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Bandung, Evi Hendarin membisiki kepada Wali Kota Bandung, menginformasikan terjadi kebakaran tepat di belakang ruang tengah yang sedang dilakukan kegiatan audiensi itu.

Sontak mengetahui informasi itu, Yana pun menginforkasikan kepada para peserta audiensi dan menghentikan rapat.

"Saya lagi rapat dengan Dewan Pengupahan Kota. Belum ada hasilnya (rapat)," kata dia.

Atas kejadian ini, Yana pun harus memutar otak mencari anggaran perbaikan gedung. Dia memprediksi perbaikan membutuhkan waktu tiga hingga empat bulan.

Aparat dari dinas kebakaran kota Bandung berhasil memadamkan api yang membakar gedung Bappelitbang di Balai Kota Bandung sekitar pukul 12.00 WIB. Artinya kebakaran terjadi sekitar dua jam.

Kapala Dinas Kebakaran Gungun Sumaryana menuturkan, awalnya dia sedang ada di Pendopo Wali Kota Bandung untuk rapat. Setelah mendapat informasi adanya kebakaran Gungun langsung menginstruksikan para staf mengecek dan melakukan pemadaman.

Seluruh aparat dikerahkan karena gedung ini mudah terbakar dengan banyaknya kertas. Bahkan ada tambahan mobil pemadam yang didatangkan dari Kabupaten Bandung Barat.

Pemadaman yang dilakukan berlangsung cepat dan lebih mudah karena akses jalan lebar. Kemudian tempat mengambil air pun terjangakau. "Sekarang masih proses pendinginan. tinggal mengecek percikan api kecil," ujarnya, Senin (7/11/2022).

Kondisi gedung yang terbakar pun sekarang sudah lebih baik dari kondisi awal. Penyekatan pada ruangan lain pun saat awal pemadaman sudah dilakukan agar api tidak menjalar ke ruangan lain. Terlebih gedung Bappelitbang ini berdekatan dengan gedung Sekda dan Wali Kota Bandung.

Untuk penyebab kebakaran, Gungun belum bisa memastikannya. Harus ada investigasi lebi dulu dari tim di lapangan dan aparat kepolisian.

Baca Juga: Kebakaran Balaikota Bandung, Polisi Amankan Mandor Pekerja

Baca Juga: Gedung Bapelitbang, Bandung Planning Gallery Kebakaran

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya