Comscore Tracker

Incar Pilgub 2023, M Iriawan Mulai Cari Dukungan Suara di Jabar

Padahal pemilihan gubernur Jabar kan masih lama

Bandung, IDN Times - Pemilihan Gubernur Jawa Barat (Jabar) tiga tahun lagi atau berlangsung pada 2023, mendatang. Namun, sejumlah nama mulai muncul untuk maju menjadi pesaing Ridwan Kamil atau justru menggantikannya menjadi Gubernur Jawa Barat. Salah satu yang mulai digaungkan adalah Mochmad Iriawan.

Pria yang saat ini menjabat sebagai Ketua PSSI mulai melakukan kunjungan ke sejumlah daerah di Jawa Barat. Salah satu tempat yang disambangi adalah Ponpes Husnul Khotimah di Kota Tasikmlaya, Kamis (15/10/2020).

Pimpinan Ponpes Husnul Khotimah, Muhamad Iqbal Muhajir mengatakan, pertemuan ini merupakan silaturahmi yang dilakukan Iriawan bersama sejumlah tokoh agama Islam di Tasikmalaya. Beberapa tokoh di antaranya adalah Ketua ICMI Jabar Prof Dr K.H Najib, Wakil Ketua PW NU Jabar Gustiana, dan Pembina Forum Pondok Pesantren Jabar K.H Dr Utawijaya Kusuma.

"Pada intinya memang kami memberikan dukungan kepada beliau jika memang mencalonkan diri (menjadi Gubernur Jabar)," ujar Iqbal, Sabtu (17/10/2020).

1. Pengalaman yang panjang jadi modal kuat bagi Iriawan

Incar Pilgub 2023, M Iriawan Mulai Cari Dukungan Suara di JabarDok.IDN Times/Istimewa

Iqbal menuturkan, saat ini sejumlah petinggi pondok pesantren di Tasikmalaya menilai Iriawan memiliki pengalaman yang bagus untuk memimpin Jawa Barat. Selain pernah menjabat Kapolda Jabar, dia juga sempat menjadi penjabat sementara gubernur Jabar.

Sedangkan sekarang, Iriawan tengah menjabat sebagai Ketua PSSI. Berdasarkan pengalaman tersebut, Iqbal menilai sudah cukup menjadi modal dasar seorang pemimpin di Jabar.

"Menurut kami dia sudah sangat profesional dan pengalamannya panjang, sudah teruji," paparnya.

2. PAN siapkan nama Desy Ratnasari untuk maju di Pilgub Jabar

Incar Pilgub 2023, M Iriawan Mulai Cari Dukungan Suara di JabarDok.IDN Times/Istimewa

Sementara itu, nama Desy Ratnasari pun mulai digadang-gadang siap maju dalam Pilgub Jabar 2023. Partai Amanat Nasional (PAN) mendorong Ketua DPW PAN terpilih tersebut maju dalam perhelatan politik itu.

Dorongan itu disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PAN, Eddy Soeparno usai penetapan Desy sebagai Ketua DPW PAN Jawa Barat periode 2020-2025 yang dilakukan oleh Ketua Umum, PAN Zulkifli Hasan.

Eddy menjelaskan, Desy Ratnasari yang juga merupakan anggota DPR RI ini mempunyai rekam jejak yang panjang di dunia politik. Sehingga, jika berkesempatan tampil dalam kontestasi Pilgub Jabar, dukungan penuh akan diberikan PAN.

Terkait dukungan ini, Desy pun mengaku siap. Dia akan menjalankan amanat dari PAN jika memang dipercaya untuk maju dalam pemilihan gubernur. "Sebagai kader, apapun yang diperintahkan partai tentu kita harus siap melakukannya," ujar Desy usai pelantikan beberapa waktu lalu.

3. Delapan daerah tengah laksanakan pilkada serentak 2020 di Jabar

Incar Pilgub 2023, M Iriawan Mulai Cari Dukungan Suara di JabarIlustrasi Pilkada Serentak 2020, IDN Times/ istimewa

Saat ini pemilihan kepala daerah (Pilkada) tengah berlangsung di Jawa Barat. Ada delapan kabupaten/kota yang melaksanakannya, yaitu Kabupaten Bandung, Kab. Cianjur, Kab. Sukabumi, Kab. Karawang, Kab. Indramayu, Kab. Tasikmalaya, Kab. Pangandaran, dan Kota Depok.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat telah mengumumkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada 2020 untuk delapan kabupaten/kota di Jabar. Adapun total jumlah dari DPS ini ialah sebanyak 11.635.025 orang.

Komisioner KPU Jawa Barat, Endun Abdul Haq mengatakan, dari jutaan orang yang memiliki hak pilih di delapan kabupaten/kota di Jabar, paling banyak didominasi oleh warga Kabupaten Bandung.

"Kabupaten Bandung jumlah pemilih laki-laki dan perempuan ada sebanyak 2.356.673 pemilih," ujar Endun melalui pesan singkat, Minggu (27/9/2020).

Endun menuturkan, jumlah pemilih laki-laki dalam Pilkada 2020 di Jawa Barat lebih banyak daripada pemilih perempuan. Meski begitu, Endun mengatakan bahwa jumlah di antara keduanya tidak berbeda jauh.

"Pemilih laki-laki ada sebanyak 5.847.939 orang, sedangkan pemilih perempuan ada sebanyak 5.787.086 orang," ungkapnya.

Topic:

  • Debbie sutrisno
  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya