GT Cimalaka di Tol Cisamdawu Bisa Digunakan untuk Arus Balik

Warga diimbau tidak pulang bersamaan saat puncak arus balik

Bandung, IDN Times - Kepolisian memastikan jalur Tol Cisumdawu sudah bisa digunakan untuk arus balik. Masyarakat yang melintas dari Sumedang menuju Bandung dan sekitarnya bisa lebih cepat menggunakan akses Tol Cisumdawu melalui gerbang Cimalaka hingga GT Pamulihan.

Wakapolda Jabar Brigjen Pol. Bariza Sulfi telah melakukan pengecekan jalur Tol Cisumdawu. Didampingi Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto,melakukan peninjauan jalur Tol Cisumdawu mulai dari Gate Tol Cimalaka sampai dengan Gate Pamulihan.

"Mulai dari Rabu (04/05/2022) Tol Cisumdawu dibuka untuk arah Sumedang menuju Bandung, pemudik dari arah Cirebon menuju Bandung/Jakarta bisa masuk dari Tol Cimalaka sampai ke Tol Cileunyi," ujarnya melalui siaran pers dikutip, Jumat (6/5/2022).

Jalur Tol Cisumdawu tersebut akan di buka untuk arah Bandung dan akan dibuka hanya untuk siang hari serta kondisi tidak hujan", pungkasnya.

1. Sudah banyak pemudik yang pulang sebelum 6 Mei

GT Cimalaka di Tol Cisamdawu Bisa Digunakan untuk Arus BalikIlustrasi jalan Tol Cipali (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Sementara itu, Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana mengimbau masyarakat untuk tidak pulang bersama-sama tanggal 6, 7, dan 8 Mei 2022 yang diprediksi menjadi puncak arus balik. Dari data yang ada Polda Jabar melihat masyasrakat sudah mulai pulang menuju arah Jabodetabek.

Dia memastikan dari hasil pantauan udara arus balik di jalur tol dan jalur arteri relatif ramai lancar. Bahkan, arus kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah pun hingga kini masih ramai.

2. Jaga kondisi badan saat hendak pulang ke kota

GT Cimalaka di Tol Cisamdawu Bisa Digunakan untuk Arus BalikIDN Times/Aris Darussalam

Secara umum situasi masih kondusif termasuk di jalur wisata seperti Lembang dan Puncak Bogor. Untuk jalur wisata Puncak Bogor diterapkan diskresi khusus untuk mengurai arus kendaraan yang datang maupun yang hendak meninggalkan kawasan tersebut.

"Kami mohon kepada masyarakat untuk memastikan kondisi fisik yang sehat dan juga sehat psikisnya. Jangan memaksakan jika kondisi kendaraan dalam keadaan tidak laik, harus dicek betul semuanya siap untuk memastikan perjalanannya lancar dan tidak menemui kendala apapun," kata Suntana.

3. Warga bisa pulang setelah puncak arus mudik

GT Cimalaka di Tol Cisamdawu Bisa Digunakan untuk Arus BalikAktivitas mudik Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah di Pelabuhan Bakauheni. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Sebelumnya, Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengatakan, pemerintah memprediksi puncak arus balik mudik Lebaran 2022 terjadi pada 6-8 Mei 2022. Oleh karena itu, Jokowi mengimbau warga kembali ke tempat asal lebih awal atau setelah puncak arus balik.

"Untuk menghindari kepadatan arus balik, agar kita semua nyaman di perjalanan, saya mengimbau, saya mengajak bapak/ibu dan saudara-saudara, yang melakukan perjalanan pribadi agar kembali lebih awal, atau kembali setelah puncak arus balik," ujar Jokowi dalam video yang diunggah akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (3/5/2022).

"Tentunya sesuai dengan izin yang didapatkan dari tempat kerja," sambungnya.

Baca Juga: Disdik Jabar Perpanjang Libur Sekolah, Siswa Masuk pada 12 Mei

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya