Genjot Pariwisata Jabar, Empat Menteri Datangi Garut Naik Kereta Api

Jalur kereta api bisa mempermudah akses masyarakat

Bandung, IDN Times - Garut nampaknya akan menajdi salah satu daerah di Provinsi Jawa Barat yang sektor pariwisatanya akan dikembangkan secara masif. Waktu tempuh dari Ibu Kota Provinsi, Bandung, yang tidak jauh membuat daerah ini sangat mudah dijangkau menggunakan transportasi baik pribadi maupun umum.

Untuk meninjau kondisi pariwisata di Kabupaten Garut, empat menteri secara bersamaan mengunjungi kota ini menggunakan kereta api dari Stasiun Bandung, menuju Stasiun Cibatu, Jumat (26/4).

Keempatnya adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pariwisata Arief Yahya, dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf. Mereka ditemani Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil serta Kepala Kereta Api Indonesia Edi Sukmoro.

Dalam kunjungan ini mereka meninjau sejumlah program pemerintah, di antaranya Sinergi Meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah wisata, program Pembiayaan Ultra Mikro (UMi), reaktivasi jalur kereta api Bandung-Cibatu, pengembangan pariwisata Situ Bagendit, serta pembangunan infrastruktur pendukung pariwisata.

1. Jabar akan jadi destinasi wisata internasional

Genjot Pariwisata Jabar, Empat Menteri Datangi Garut Naik Kereta Apiinstagram.com/aullyaa_ferdiana

Menteri Keuangan Sri Mulyani menuturkan kunjungan ini memang sebagai upaya pemerintah untuk menjadikan Jawa Barat (Jabar) sebagai destinasi internasional. Untuk merealisasikan hal tersebut, maka provinsi ini jangan hanya mengandalkan satu daerah saja, seperti Bandung.

"Maka kita akan coba mereaktivasi jalur kereta ini sehingga nantinya akan ada juga peningkatan (ekonomi) masyarakat," ujar Sri Mulyani.

Menurutnya, untuk mengembangkan daerah ini berbagai kementerian dan lembaga akan bekerja sama dengan pemerintah daerah membangun berbagai infrastruktur serta membentuk konten kreatif yang bisa menarik wisatawan baik lokal maupun asing.

2. Situ Bagendit akan mulai diperbaiki

Genjot Pariwisata Jabar, Empat Menteri Datangi Garut Naik Kereta ApiIDN Times/Galih Persiana

Sementara itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil menuturkan, kegiatan yang mendatangkan empat menteri secara sekaligus ke Garut merupakan hal yang luar biasa. Dia pun mengamini bahwa potensi Jabar untuk bisa dijadikan pusat destinasi internasional harus diselesaikan oleh berbagai elemen.

"Kabupaten Garut dijadikan percontohan unggulan pariwisata Jabar. Karena ini di sini ada gunung, laut, pantai, sawah, hingga lembah yang bisa menjadi tempat wisata," paparnya.

Salah satu destinasi yang akan diperbaiki infrastrukturnya adalah Situ Bagendit. Dengan mengkolaborasikan anggaran dari daerah dan pusat, diharap tahun 2020 akan ada perubahan yang signifikan.

Baca Juga: Peran Universitas di Tanah Air Penting Dalam Kemudahan Proyek KPBU

Baca Juga: Ini 10 Tempat Keindahan Wisata di Garut yang Wajib Dikunjungi

3. Kemenhub akan mereaktivasi lima jalur kereta di Jabar

Genjot Pariwisata Jabar, Empat Menteri Datangi Garut Naik Kereta ApiIDN Times/Debbie Sutrisno

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya memang tengah berupaya menghidupkan kembali jalur rel di banyak daerah. Di Jabar, Kementerian Perhubungan rencananya bakal mereaktivasi lima jalur, seperti di Garut, Ciwidey, Pangandaran, dan Cianjur.

Untuk mereaktivasi jalur Bandung-Garut, pemerintah pusat akan menganggarkan dana sekitar Rp 400 miliar untuk tahap pertama. Sedangkan untuk jalur Padalarang-Cianjur tahap kedua sudah dilakukan dengan anggaran mencapai Rp 300 miliar.

"Agak banyak (anggaran) untuk Ciwidey, Kertajati bandara karena dibutuhkan pembebasan lahan," ujar Budi.

Dengan membangun akses kereta api, Budi memastikan masyarakat bisa memangkas waktu jika ingin bepergian dari satu tempat ke tempat lain. Misalnya, untuk jalur Padalarang-Cianjur yang biasanya harus ditempuh selama lima jam bisa menjadi tiga jam saja. Kemudian nanti kereta sudah sampai masuk ke Bandara Kertajati, maka warga dari Bandung bisa ke sana tanpa harus menggunakan jalan tol agar lebih cepat sampai.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya