Comscore Tracker

Cari Desainer, Ivan Gunawan Blusukan ke SMKN 9 Kota Bandung

Ada kesempatan magang di perusahaannya untuk siswa

Bandung, IDN Times - Desainer kondang Ivan Gunawan mendatangi sejumlah sekolah kejuruan di Kota Bandung untuk mencari siswa berbakat dalam bidang desain. Bahkan, dirinya akan mengajak siswa ini untuk menjadi desainer di perusahannya. Salah satu sekolah yang disambangi adalah SMK Negeri 9 Kota Bandung.

Ketika datang ke SMK 9, sejumlah siswa jurusan Tata Busana sudah menantinya di dalam kelas. 

Igun, sapaan akrabnya, sempat melihat cara kerja dan hasil karya siswa di SMKN 9 Bandung yang juga memiliki mata pelajaran butik itu. Igun mengatakan dia sengaja datang untuk mencari SDM yang bisa membantu mengembangkan bisnisnya.

"Sebenarnya di perusahaan saya terkadang sulit untuk mendapatkan SDM atau pekerja, saya sengaja datang ke SMK-SMK melihat siswa-siswi yang punya potensi untuk bisa bergabung di usaha saya," ucap dia, Sabtu (5/2/2022).

Saat ini Igun memiliki berbagai usaha di bidang fashion. Salah satunya Mandjha Hijab.

1. Siswa bisa langsung belajar mendesain di butik

Cari Desainer, Ivan Gunawan Blusukan ke SMKN 9 Kota BandungIDN Times/Istimewa

Igun bercerita, ketertarikannya terhadap potensi siswa SMK bermula saat karyawannya membawakan sebuah makanan. Ternyata, makanan tersebut diproduksi oleh siswa SMK di Bandung. Atas dasar itu, Igun penasaran dan ingin melihat langsung potensi siswa-siswi SMK untuk nantinya bisa bergabung.

"Jadi, mereka itu bukan cuma belajar tapi look mereka itu sudah professional dan meyakinkan, contohnya mereka bisa menceritakan apa yang sedang mereka buat, makanya mulai minggu besok ada siswa kelas fashion yang mulai bekerja di tempat saya," ujarnya.

2. Buka pintu lebar bagi siswa yang ingin magang dibutiknya

Cari Desainer, Ivan Gunawan Blusukan ke SMKN 9 Kota BandungIDN Times/Istimewa

Dia pun membuka pintu bagi siswa-siswi di SMKN 9 Bandung untuk bergabung dengan bisnisnya. Untuk posisi awal, mereka akan berstatus magang.

"Di butik saya Magang juga dibayar, jadi ada uang transportnya jadi saya anggap bekerja, jadi anak butik saya ada alumni SMK 9 jadi, saya berharap yang saat ini posisinya magang dan nantinya dia potensial dan punya etos kerja yang bagus ya tidak ada salahnya mereka bisa bekerja. SMK 9 ini punya bibit unggul yang siap bekerja ya," ujar dia.

3. Satu siswa SMK 9 mulai magang pekan depan

Cari Desainer, Ivan Gunawan Blusukan ke SMKN 9 Kota BandungIDN Times/Istimewa

Hazara salah satunya, siswi kelas 11 Jurusan Tata Busana SMK 9 Bandung ini mendapatkan kesempatan magang di butik milik Ivan Gunawan. Dia sangat senang karena bisa mendapat tawaran dari salah satu desainer yang diidolakannya.

"Senin nanti aku bakal ada di tempatnya kak Ivan Gunawan (magang) aku bakal ada di sana dan tadi kak Ivan Gunawan nanya apa saja yang ingin aku dapetin (saat magang), dan aku bilang, ingin belajar desain, teknik menggambar dan cara berbisnisnya kak Ivan Gunawan," ujar Hazara.

Dia bercerita keinginannya menjadi seorang desainer berawal ketika duduk di bangku sekolah dasar (SD) di mana sering kali menggambar berbagai macam hal. Dari sana Hazara mulai memiliki minat untuk menuangkan kesukannya pada desain pakaian.

"Magang di tempat kak Ivan ini pasti bisa buat saya lebih baik karena bisa belajar banyak tentang desain (baju), menggambar, juga bisnisnya," ujar Hazara.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya