Comscore Tracker

Berbagai Fasilitas Wisata Baru akan Dibangun di Kawasan Ranca Upas

Ranca Upas memang selalu menyenangkan untuk didatangi

Bandung, IDN Times - Kawasan Ranca Upas, Kabupaten Bandung, menjadi salah satu daerah yang ramai didatangi wisatawan asing dan domestik. Setiap akhir pekan wisatawan dari dan luar Bandung kerap memadati kawasan ini untuk menghabiskan masa liburan.

Untuk menarik wisatawan lebih banyak datang ke Ranca Upas, Jaswita Jabar dan Perhutani meneken kerja sama untuk mengembangkan kawasan wana wisata Ranca Upas. Penandatangan kerja sama ini mencakup pemanfaatan jasa lingkungan di beberapa kawasan Perum Perhutani yang berlokasi di Provinsi Jawa Barat salah satunya wana wisata Ranca Upas di Kabupaten Bandung.

Dirut Jaswita Jabar Deni Nurdyana Hadimini mengatakan, penandatanganan kerja sama ini merupakan salah satu bentuk percepatan yang dilakukan Jaswita Jabar dalam upaya meningkatkan performa usaha perseroan di bidang pariwisata.

"Hal Ini juga sejalan dengan rencana kerja Jaswita Jabar pada tahun 2020 yang fokus pada pengembangan usaha di bidang pariwisata," ujar Deni melalui siaran pers, Rabu (26/2).

1. Wahana bermain berbalut wisata alam menjadi daya tarik utama

Berbagai Fasilitas Wisata Baru akan Dibangun di Kawasan Ranca Upasinstagram.com/donskry via @ranca_upas

Dia mengatakan, pengembangan kawasan wisata di Ranca Upas merupakan upaya Jaswita untuk meningkatkan performa usaha, khususnya di bidang pariwisata. "Karena kawasan Ranca Upas memang memiliki potensi yang sangat besar sebagai salah satu destinasi wisata di Jawa Barat,” kata dia.

Sebagai kawasan alam, pengembangan Ranca Upas akan menjadi salah satu lokomotif pertumbuhan perekonomian melalui sektor pariwisata. Sebagai tempat bermain yang mengolaborasikan alam dan fasilitas modern, di kawasan ini nantinya akan dibangun tempat berkemah yang lebih besar serta fasilitas penunjang bermain seperti Air Balloon.

"Untuk luas lahan baru masih tentatif. Nanti akan kami pastikan setelah feasibility study (FS) selesai. Untuk anggaran juga belum ada angka pasti, nanti anggaran juga ada kepastian setelah FS selesai dilaksanakan," ujarnya.

Yang pasti, lanjut Deni, wana wisata Ranca Upas ini akan dibangun dalam beberapa tahap dalam satu hingga dua tahun ke depan.

2. Setiap sumber daya harus dioptimalkan untuk kesejahteraan bersama

Berbagai Fasilitas Wisata Baru akan Dibangun di Kawasan Ranca UpasDok.IDN Times/Istimewa

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama PT Perhutani Bambang Catur Wahyudi menuturkan, penandatangan kerja sama dalam pengembangan kawasan wana wisata Ranca Upas adalah salah satu program Provinsi Jabar. Program itu memang menjadikan sektor pariwisata sebagai lokomotif pembangunan ekonomi, guna mewujudkan visi Jabar Juara Lahir batin.

Bagi Perhutani pengembangan ini bernilai strategis, karena berakitan dengan Perhutani mengoptimalkan sumber daya. "Sehingga memberi kontribusi bagi perusahaan serta menghasilkan manfaat di ekologi, sosial, dan ekonomi secara optimal," kata Catur.

Menurutnya, nota kesepahaman ini berlaku untuk jangka waktu satu tahun, terhitung sejak tanggal ditandatanganinya

3. Pemprov Jabar fokus pada industri pariwisata dan ekonomi kreatif

Berbagai Fasilitas Wisata Baru akan Dibangun di Kawasan Ranca Upaskatarik.com

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, investasi di bidang industri atau bermuara pada pendirian pabrik memang menjadi yang terbesar di provinsi ini. Meski demikian, Ia berharap investor-investor di bidang lain, terutama yang menerapkan teknologi, juga berminat untuk membuka usahanya di Jawa Barat.

“Dalam rezim pasangan Rindu (Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum) ini, investasi juga bisa bergeser ke segi pariwisata dan ekonomi kreatif,” katanya.

Maka itu, jangan heran jika dalam kepemimpinan Rindu, iklan pariwisata Jawa Barat makin banyak, mulai dari iklan fisik seperti baliho hingga iklan digital yang mereka pasang di berbagai media sosial.

“Kami menganggap bahwa sektor pariwisata bisa menyerap tenaga kerja secara fundamental. Sudah ada perhitungannya,” tutur Emil.

Baca Juga: 6 Pesona Ranca Upas, Lokasi Kemah Kece di Ciwidey Kabupaten Bandung

Baca Juga: 10 Rekomendasi Guest House di Bandung yang Dekat Tempat Wisata

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya