Comscore Tracker

Libur Natal, Kawasan Lembang Mulai Diserbu Wisatawan

Pengelola diminta perhatikan kapasitas agar tetap nyaman

Bandung Barat, IDN Times - Volume kendaraan yang masuk ke kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat semakin meningkat saat libur Natal 2019, Rabu(25/12). Ribuan kendaraan ini antre menuju sejumlah objek wisata yang berada di kawasan Lembang. 

Meski sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Bandung Barat (KBB) bagian selatan sudah dibangun, kawasan wisata Lembang masih menjadi primadona bagi wisatawan luar daerah. Apalagi, di beberapa titik banyak ditemukan destinasi wisata baru.

Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) KBB, David menyebutkan hal itu disebabkan karena akses wisata ke wilayah Lembang lebih mudah diakses.

"Kalau dilihat dari akses, jalan menuju Lembang sangat mudah ditempuh. Ada yang lewat Cipali nanti lewat Subang, yang keluar tol Padalarang, bisa lewat Cisarua dan tentunya lewat Pasteur," ungkap David, Rabu (25/12).

1. Selalu ada inovasi baru di wisata Lembang

Libur Natal, Kawasan Lembang Mulai Diserbu WisatawanInstagram.com/ratu_anandita

Selain akses yang mudah dicapai, menurutnya menumpaluknya wisatawan di kawasan Lembang, karena destinasi yang berada di wilayah itu banyak menawarkan spot foto yang menarik.

"Wisata di Lembang setiap tahun selalu ada inovasi baru. Karena bagaimanapun, kompetitor di sana banyak. Mereka terdorong harus bisa menciptakan sesuatu yang baru sehingga tidak membosankan bagi wisatawan," ujarnya.

"Sebab, wisatawan kita mudah bosan. Kalau dilihat tidak ada yang baru, ya pasti gak akan dateng lagi," imbuhnya.

2. Katakan 'stop' jika kapasitas kunjungan wisata kelebihan

Libur Natal, Kawasan Lembang Mulai Diserbu WisatawanIDN Times/Galih Persiana

Meski selalu ada inovasi, pengelola wisata diminta tetap memperhatikan keamanan dan kenyamanan wisatawan. Tak terkecuali, lahan parkir minim yang kerap dinilai biang kemacetan di jalur wisata kawasan Lembang.

David mengatakan, pengelola harus berani tegas mengatakan 'stop' kepada wisatawan jika jumlah kunjungan wisata melebihi kapasitas.

"Memang lahan parkir terbatas. Tapi kalau bisa mengaturnya mereka bisa melancarkan arus wisatawan yang baik, mereka harus bisa bilang stop. Atau mengarahkan ke destinasi sekitarnya," ucapnya.

3. Pengelola jangan hanya provit oriented

Libur Natal, Kawasan Lembang Mulai Diserbu WisatawanIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Dia mengimbau agar pengelola wisata tidak hanya meraup keuntungan. Tapi juga harus memperhatikan kenyamanan. Menurutnya, ketidaknyamanan bakal tercipta jika kunjungan berlebih dipaksa terus masuk.

"Kita ingatkan, pengelola agar tidak semata-mata provit oriented tapi mereka juga harus memperhatikan kenyamanan dan keamnan di destinasi mereka," tuturnya.

4. Puncak kunjungan wisatawan diprediksi mulai besok

Libur Natal, Kawasan Lembang Mulai Diserbu WisatawanIDN Times/Bagus F

David menuturkan, Pemerintah KBB menyiapkan lima pos pengamanan di titik-titik wisata untuk melakukan monitoring selama liburan akhir tahun ini. Hal itu untuk mencatat arus masuk dan keluar kendaraan wisata.

"Di Cikole, Maribaya, Farmhouse, Cisarua dan di Kecamatan Cipatat. Diprediksi puncak kunjungan wisata mulai hari besok," tandasnya.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya