Comscore Tracker

Dilanda Kasus Dugaan Korupsi, Hengki Punya PR Kembalikan Citra KBB

Kepercayaan publik terkikis akibat dua Bupatinya korupsi

Bandung Barat, IDN Times - Kasus korupsi yang menjerat Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna berdampak pada terkikis sampai hilangnya trust atau kepercayaan publik pada Pemerintahan Kabupaten Bandung Barat (KBB). Pasalnya, korupsi yang menyeret orang nomor satu KBB bukan hanya kali ini saja terjadi. Pada periode sebelumnya, eks Bupati Bandung Barat Abu Bakar juga terseret kasus korupsi.

Menurunnya kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah itu tentu berdampak buruk baik pada kebijakan maupun kinerja pemerintah ke depan. Dalam hal ini, Wakil Bupati dan jajaran Pemda KBB memiliki pekerjaan rumah (PR) yang cukup besar untuk mengembalikan trust publik.

1. Kerja keras kembalikan citra Pemda KBB

Dilanda Kasus Dugaan Korupsi, Hengki Punya PR Kembalikan Citra KBBInstagram.com/hengkykurniawan

Wakil Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan sadar betul bahwa kepercayaan publik terhadap pemerintahannya ini sedang turun atas kasus korupsi yang tengah terjadi. Hengki percaya, untuk mengembalikan citra baik Pemda KBB musti dikerjakan bersama-sama dengan kerja keras dan hasil yang baik untuk masyarakat.

"Memang mau tidak mau kondisi seperti ini berdampak pada citra Pemda KBB. Tentu mengembalikan citra baik ini akan jadi PR kita bersama dan harus jadi pelajaran buat semuanya. Kita masih punya waktu untuk membenahi semuanya," kata Hengki, Selasa (6/4/2021).

2. Ambil alih kendali agar pemerintahan tetap berjalan

Dilanda Kasus Dugaan Korupsi, Hengki Punya PR Kembalikan Citra KBBInstagram.com/hengkykurniawan

Meski tengah dilanda isu korupsi, Hengki menjamin segala bentuk pelayanan Pemda KBB tetap berjalan normal. Upaya untuk tetap menjalankan roda pemerintahan sudah langsung dikendalikan. Para pegawai negeri diminta tetap menjalankan kerja sesuai tupoksinya masing-masing.

"Kita pastikan pada masyarakat bahwa roda pemerintahan dan pelayanan di Bandung Barat tetap berjalan. Terpenting sekarang ASN tetap tenang dan bekerja melayani masyarakat," ujar Hengki.

3. Masih ada PR janji politik

Dilanda Kasus Dugaan Korupsi, Hengki Punya PR Kembalikan Citra KBBInstagram.com/hengkykurniawan

Menurut Hengki, masih ada banyak PR janji politiknya bareng Aa Umbara yang belum direalisasikan. Terdekat, Hengki berjanji bakal merealisasikan janji politik 'Jalan Leucir' untuk diterapkan di beberapa titik jalan rusak khususnya bagian selatan Bandung Barat.

"Kemudian dalam kondisi seperti ini kita tetap harus bisa merealisasikan program-program dan janji politik kita. Seperti perbaikan jalan, itu kan Insya Allah bulan ini sudah naik lelang. Intinya kita pastikan semua tetap berjalan. Kita harapkan kondisinya segera membaik," sebut Hengki.

4. Tunggu instruksi Kemendagri

Dilanda Kasus Dugaan Korupsi, Hengki Punya PR Kembalikan Citra KBBinstagram.com/hengkykurniawan

Disinggung terkait statusnya pasca Bupati Aa Umbara ditetapkan menjadi tersangka, Hengki tidak mau berkomentar. Menurutnya, soal statusnya untuk menjadi Pelaksana Tugas (Plt), Hengki hanya menuruti arahan Kemendagri.

"Adapun terkait status Plt dan lain-lainnya, intinya saya menunggu arahan dari Gubernur dan Kemendagri. Tidak etis juga membicarakan itu sekarang, karena Pak Bupati masih sakit juga kan," tandasnya.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya