Wisuda, 4.095 Petani Milenial Jabar Angkatan 2022 Resmi Lulus!

4.095 Petani Milenial sudah mengikuti program penuh

Bandung, IDN Times - Sebanyak 4.095 petani milenial Jawa Barat angkatan tahun 2022 diwisuda di Graha Sanusi Kampus Universitas Padjajaran, Kota Bandung, Selasa (30/5/2023). Mereka dinyatakan telah berkompeten dan memberikan dampak di masyarakat.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil alias Emil mengatakan, 4.095 petani milenial yang telah lulus ini merupakan para pemuda yang masuk kriteria berhasil mengikuti pedampingan secara penuh dan mendapatkan perubahan dari sisi ekonomi.

"Hari ini kami mewisuda 4.095 petani milenial yang masuk kriteria berhasil mengikuti pedampingan secara penuh dan mendapatkan perubahan dari sisi ekonomi," ujar Emil, Selasa (30/5/2023).

1. Petani milenial yang diwisuda berasal dari berbagai kategori

Wisuda, 4.095 Petani Milenial Jabar Angkatan 2022 Resmi Lulus!Wisuda Petani Milenial 2022 (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Petani Milenial sendiri memiliki beberapa kriteria, dan yang dinyatakan lulus pada tahun ini yaitu kategori pemula, yang belum berusaha dan belum memiliki pengalaman atau pemahaman tentang bertani. Kemudian kategori lanjutan, yakni mereka sudah memulai usaha dan masih dalam tahap pemenuhan kebutuhan dasar.

Di sisi lain ada pula kategori madya, yaitu yang sudah berusaha dan masih dalam tahap pemenuhan kebutuhan lanjutan. Berikutnya, ada pula kategori utama, yang menjadi inspirator dari seluruh petani milenial karena mereka sudah memiliki ekosistem yang mandiri.

Emil mengatakan, terjadi peningkatan minat yang signifikan pada angkatan tahun 2022, yakni sebanyak 20.894 pendaftar. Jumlah tersebut meningkat tajam dari angkatan tahun 2021, yaitu sebanyak 8.996 pendaftar. Bahkan pendaftar petani milenial untuk tahun 2023 sudah mencapai 30.000 orang.

"Terjadi peningkatan minat dari 8.996 pendaftar di tahun 2021 naik signifikan menjadi 20.894 pendaftar di tahun 2022. Untuk 2023 ini sudah 30.000-an pendaftar," ucapnya.

2. Ridwan Kamil klaim program ini banyak peminat

Wisuda, 4.095 Petani Milenial Jabar Angkatan 2022 Resmi Lulus!Gubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Peningkatan jumlah pendaftar tersebut menandakan bahwa program Petani Milenial sangat diminati generasi muda. Hal itu akan berdampak pada terjaganya regenerasi petani di Jabar.

"Tanda bahwa program Petani Milenial ini sangat diminati sebagai jawaban terhadap dua hal, yaitu akan menjadi sumber ketahanan pangan dan kenaikan ini membuktikan regenerasi petani akan terjaga," ucapnya.

3. Program Petani Milenial besutan Ridwan Kamil

Wisuda, 4.095 Petani Milenial Jabar Angkatan 2022 Resmi Lulus!Gubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Program Petani Milenial yang mulai digulirkan tahun 2021 oleh Kang Emil merupakan langkah pengembangan usaha pertanian yang melibatkan generasi milenial berkolaborasi dengan pemangku kepentingan program tersebut.

Program ini bertujuan menciptakan sistem pertanian yang mandiri, maju, dan berkelanjutan dengan tagline tinggal di desa, rezeki kota, bisnis mendunia.

Baca Juga: Produk Petani Millenial Jabar Mulai Dipasarkan ke Gerai Modern

Baca Juga: Ridwan Kamil Tegaskan Jumlah Petani Milenial yang Sukses Lebih Banyak 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya