Ridwan Kamil: Salat Tarawih Diizinkan Berdempetan Asal Pake Masker! 

Masker harus digunakan sebagai antisipasi penyebaran Corona

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil menyatakan bahwa banyak aturan penanganan COVID-19 yang dilonggarkan saat ramadan 2022. Salah satunya salat tarawih yang sudah diizinkan tanpa jarak.

Meski aturan itu sudah diputuskan, Emil mengatakan bahwa semua kegiatan ibadah tarawih harus dilakukan dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Hal ini diimbaukan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

"Pada dasarnya segala kegiatan sudah boleh dilakukan asalkan tetap memakai masker. Bahkan, salat tarawih pun boleh berdampingan lagi seperti biasanya asal tetap memakai masker," ujar Emil, Rabu (30/3/2022).

1. Masyarakat diimbau menjaga sebaik mungkin kelonggaran aturan ini

Ridwan Kamil: Salat Tarawih Diizinkan Berdempetan Asal Pake Masker!  ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Selama kegiatan ramadan 2022, pemerintah pusat banyak memberikan kelonggaran aturan. Emil bilang, momen itu harus tetap dijaga dengan sebaik mungkin dan jangan sampai mengabaikan protokol kesehatan.

"Semua kegiatan rata-rata tidak ada larangan lagi, asal pakai masker. Jadi semua kegiatan itu kita reduksi sekarang ke 1M yaitu yang paling utama tetap memakai masker," katanya.

2. MUI Jabar juga minta masyarakat tetap ikuti protokol kesehatan

Ridwan Kamil: Salat Tarawih Diizinkan Berdempetan Asal Pake Masker! IDN Times/Galih Persiana

Selain Emil, MUI Jabar juga menyatakan bahwa masyarakat harus tetap menaati protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan mencuci tangan ketika menjalankan ibadah tarawih di masjid.

"Kebijakan bagus sekali dalam rangka memberikan kesempatan, apalagi pandemi COVID-19 sudah menurun maka ibadah di masjid diperbolehkan. Tapi jangan sampai berlebihan artinya lupa terhadap protokol kesehatan," kata Ketua MUI Jabar, Rahmat Syafei, Selasa (29/3/2022).

3. Presiden mengizinkan salat tarawih secara berjamaah

Ridwan Kamil: Salat Tarawih Diizinkan Berdempetan Asal Pake Masker! Presiden Jokowi bersama dengan Istrinya Ibu Iriana (Dok. IDN Times/Biro Pers Kepresidenan)

Sebagai informasi, Presiden Joko "Jokowi" Widodo juga menyatakan bahwa salat tarawih bisa dilakukan secara berjamaah dengan protokol kesehatan. Hal ini, disampaikan presiden dalam keterangan resminya jelang bulan ramadan 2022.

"Tahun ini, umat Islam dapat kembali menjalankan ibadah salat Tarawih berjemaah di masjid dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," katanya, Rabu (23/3/2022).

Dalam pidatonya, presiden juga mengabarkan beberapa kondisi terbaru dalam masa pandemik COVID-19. Adapun soal endemik corona, mantan Gubernur DKI Jakarta ini masih belum menyatakan dan status seluruh wilayah Indonesia termasuk Jabar masih menerapkan pandemik COVID-19.

Baca Juga: Kemenag Tangsel: Tarawih Berjamaah Boleh Asal Prokes Ketat

Baca Juga: MUI Bandung Minta Masjid di Luar Perumahan Jaga Jarak Saat Tarawih

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya