Rafflesia Arnoldii R.Br Tumbuh Mekar di Kebun Raya Bogor

Rafflesia Arnoldii R.Br merupakan tumbuhan yang dilindungi

Bandung, IDN Times - Rafflesia Arnoldii R. Br tumbuh mekar di Kebun Raya Bogor. Mekarnya bunga yang dilindungi oleh pemerintah Ini merupakan kali pertama setelah dilakukan upaya konservasi di luar habitatnya sejak 16 tahun yang lalu.

Rafflesia Arnoldii R. Br. tidak hanya mekar, melainkan ada beberapa knop bakal bunga. Adapun untuk waktu pemekaran terjadi pada 12 September 2022.

1. Meskipun diameternya kecil, dipastikan jenis R. Br

Rafflesia Arnoldii R.Br Tumbuh Mekar di Kebun Raya Bogor

Periset dan Kurator Koleksi Rafflesia di Kebun Raya Bogor, Sofi Mursidawati menyatakan bahwa Rafflesia Arnoldii R. Br baru pertama kali mekar sebagai hasil budidaya di Kebun Raya Bogor.

"Meskipun diameternya tidak lebih 60 centimeter, namun jenis ini sudah dapat dipastikan adalah Rafflesia Arnoldii R. Br," ujar Sofi dari keterangan resmi dikutip, Kamis (15/9/2022).

2. Rafflesia Arnoldii R. Br tumbuh dari hasil pertukaran tanaman

Rafflesia Arnoldii R.Br Tumbuh Mekar di Kebun Raya Bogor

Rafflesia Arnoldii merupakan salah satu tumbuhan yang dilindungi oleh pemerintah dari ancaman kepunahan. Tak hanya itu, jenis tumbuhan R. Br bahkan masuk ke dalam kekayaan alam yang harus dilindungi sesuai dengan Keputusan Presiden RI Nomor 4 Tahun 1993.

"Rafflesia Arnoldii R. Br tumbuh di Tetrastigma lanceolarium (Roxb.) Planch sebagai inangnya yang ditanam pada 22 Januari 1953 sebagai hasil pertukaran tanaman (seed exchange) dari Florida pada tahun 1952," kata Sofi.

3. Kebun Raya Bogor sebelumnya berhasil menumbuhkan Rafflesia Patma BI

Rafflesia Arnoldii R.Br Tumbuh Mekar di Kebun Raya Bogor

Rafflesia Arnoldii ini merupakan endemik Sumatera, dan hanya terdapat 33 spesies di dunia. Selain ditetapkan sebagai Puspa Langka Nasional, bunga raksasa kharismatik asal Bengkulu ini masuk dalam daftar tumbuhan dilindungi berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 1999 dan IUCN Red list dengan status konservasi terancam punah.

Kebun Raya Bogor telah berhasil menumbuhkan Rafflesia Patma Bl. untuk pertama kalinya pada tahun 2010, dan sampai saat ini telah mekar 16 kali (tahun 2019).

Baca Juga: Ditemukan Awal Juli, Rafflesia Arnoldi di Lahat Mekar Sempurna

Baca Juga: Rafflesia Arnoldii dan 9 Bunga Ini Sama-sama Keluarkan Bau Tak Sedap

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya