Comscore Tracker

Polrestabes Bandung Turunkan 2.300 Personel untuk Jaga Nataru 2019

Nataru 2019 diharapkan tetap kondusif

Bandung, IDN Times - Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2020, Polrestabes Bandung bersama TNI dan instansi terkait di Kota Bandung akan gelar operasi Lilin Lodaya 2019 dalam waktu dekat.

Kapolrestabes Bandung Komisaris Besar Polisi Irman Sugema mengatakan, operasi lilin tersebut dilaksanakan dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang akan melaksanakan kegiatan natal dan tahun baru.

"Dalam pelaksanaanya Polretabes Bandung akan turunkan 2.300 personel, yang terdiri dari kekuatan personel Polrestabes Bandung, dibackup dari Polda, maupun juga dari unsur TNI," ujar Irman di Polrestabes Bandung, Selasa (10/12).

Baca Juga: Polrestabes Bandung Pastikan Ada Tersangka Baru dari Kasus Akumobil

1. Ratusan gereja akan dijaga petugas keamanan

Polrestabes Bandung Turunkan 2.300 Personel untuk Jaga Nataru 2019IDN Times/Galih Persiana

Irman menjelaskan, pengamanan akan difokuskan terlebih dahulu pada pelaksanaan Natal yang akan dilaksanakan pada Selasa (24/12) hingga Rabu (25/12). Sampai saat ini, kata dia, ada ratusan gereja yang akan melaksanakan ibadah natal dan gereja dengan jumlah jamah banyak akan diprioritaskan.

"Kami sudah mendata ada sekitar 156 gereja di Kota Bandung yang akan melaksanakan Natal. Maka dari itu ada skala prioritas pengamanan bagi gereja-gereja yang jamaahnya cukup banyak," katanya.

"Kita antisipasi pengamanan agar tetap terjaga kondusifitas kota Bandung dan toleransi antar umat beragama di kota Bandung," tambahnya.

Baca Juga: [FOTO] Pasca Bom Medan, Pengamanan di Polrestabes Bandung Diperketat

2. Setiap Gereja akan dijaga dengan jumlah pasukan berbeda

Polrestabes Bandung Turunkan 2.300 Personel untuk Jaga Nataru 2019IDN Times/Azzis Zulkhairil

Untuk teknisnya nanti, kata Irman, setiap gereja akan di posisikan personil yang jumlahnya berbeda. Namun polisi akan tetap menjaga pengamanan dengan maksimal, sehingga umat yang menjadikan ibadah akan nyaman.

"Kita akan sesuaikan tingkat permasalahan dan kerawanan berdasarkan intelejen dari setiap gereja, jadi bervariasi jumlahnya. Tapi kita akan melaksanakan pengamanan dengan maksimal," tuturnya.

Baca Juga: CPNS Dibuka, Pemohon SKCK di Polrestabes Bandung Membludak

3. Tahun baru kendaran diprediksi akan lebih meningkat

Polrestabes Bandung Turunkan 2.300 Personel untuk Jaga Nataru 2019IDN Times/Azzis Zulkhairil

Disinggung soal pengamanan untuk tahun baru, Irman mengatakan, Kota Bandung diprediksi akan ada peningkatan volume kendaraan. Secara otomatis dipastikan polisi juga akan meningkatkan patroli Kamtibmas, kemudian antisipasi penertiban terhadap penyakit masyarakat.

"Terkait peredaran miras dan petasan, akan kita laksanakan penertiban dan razia terkait hal-hal yang berpotensi menimbulkan konflik," kata dia.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini 

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya