Comscore Tracker

Penyekatan Kota Bandung Dimulai, 1.500 Aparat Disiapkan

Personel gabungan akan berjaga selama 24 jam

Bandung, IDN Times - Polrestabes Bandung memastikan akan menurunkan 1.500 personel gabungan di sembilan titik penyekatan dalam kegiatan larangan mudik lebaran 6-17 Mei 2021.

Penyekatan ada di pintu keluar Tol Pasteur, Tol Buahbatu, Tol Kopo, Tol Moch Toha, Tol Pasirkoja, dan perbatasan di wilayah Cibiru dan Ledeng, juga Cikapayang. 

1. Personel tergabung dari TNI dan Satpol PP

Penyekatan Kota Bandung Dimulai, 1.500 Aparat Disiapkan(Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Kapolrestabes Bandung Kombes Ulung Sampurna Jaya mengatakan, titik penyekatan sudah dilakukan dan kini petugas akan melakukan penjagaan selama 24 jam dengan sistem sif agar tidak kecolongan pemudik.

"Besok kita langsung ke pos masing-masing yang mana pos penyekatan. Kemudian personel yang dilibatkan sebanyak 1.500 personel terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP dan (Dinas) Perhubungan," ujar Ulung di Mapolrestabes Bandung, Rabu (5/5/2021).

2. Nekat datang ke Kota Bandung, maka akan langsung diputarbalikkan

Penyekatan Kota Bandung Dimulai, 1.500 Aparat DisiapkanDok.IDN Times/Istimewa

Sejumlah kendaraan baik roda dua dan empat akan dicek kelengkapan dokumennya. Ulung menegaskan, pengecekan berlaku bagi masyarakat aglomerasi dan di luar aglomerasi.

"Bila memang ditemukan pemudik, kita balikkin. Pokoknya kita kembalikan," ucapnya.

3. Pengawasan dilakukan selama 24 jam

Penyekatan Kota Bandung Dimulai, 1.500 Aparat DisiapkanIDN Times/Humas Bandung

Cela pemudik datang ke Kota Bandung akan lebih diantisipasi. Polrestabes memastikan akan lebih memaksimalkan anggotanya untuk melakukan penjagaan di pos pemeriksaan penyekatan.

"Dalam kegiatan itu nanti kita buat tiga sif secara bergantian, jadi secara 24 jam. Jadi kegiatan penyekatan itu di Kota Bandung berjalan terus," kata dia.

4. Ada 158 titik penyekatan di Jabar

Penyekatan Kota Bandung Dimulai, 1.500 Aparat DisiapkanIDN Times/Galih Persiana

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta kepolisian memantau pemudik. Upaya pencegahan juga dilakukan dengan membuat 158 total penyekatan jalur arteri dan jalur tikus yang kerap dilewati oleh pemudik.

"Ada 158 titik penyekatan termasuk jalan-jalan tikus sudah diatur sedemikian rupa oleh tim TNI Polri. Pak Kapolda yang menyiapkan semuanya," kata dia.

Baca Juga: Hari Kebencanaan, Pemkot Bandung Ingatkan Adanya Potensi Sesar Lembang

Baca Juga: Pemkot Minta Simulasi Salat Idul Fitri, Masjid Raya Bandung Menolak

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya