Pemprov Jabar Turunkan Mobil Bantuan, Bagaimana Respons Masyarakat?

Mobil ini menjawab seluruh kebutuhan warga desa

Bandung, IDN Times - Pemerintah Desa Sukamantri, Kecamatan Tanjungkerta, Kabupaten Sumedang, menilai bahwa bantuan program Mobil Aspirasi Kampung Juara (Maskara) dari Pemerintah Provins Jawa Barat (Jabar) membantu keperluan desa.

Kepala Desa Sukamantri, Dedi Junaedi mengatakan, bantuan yang diberikan Pemprov Jabar pada 2021 itu sangat membantu masyarakat dalam memberikan pelayanan maksimal.

"Mobil ini merupakan mobil multifungsi. Kata pak gubernur mah mobil Transformer karena bisa berubah sesuai dengan kondisi dan fungsi yang akan digunakan," ujar Dedi melalui keterangan resmi, Rabu (13/7/2022).

1. Mobil Maskara serbabisa untuk penuhi kebutuhan masyarakat

Pemprov Jabar Turunkan Mobil Bantuan, Bagaimana Respons Masyarakat?Istimewa

Menurutnya, fasilitas layanan yang terdapat pada mobil maskara di antaranya ialah instalasi pengeras suara atau sound system, Infocus, peralatan kesehatan dan lainnya.

"Masyarakat sering juga memanfaatkannya untuk pelayanan darurat seperti antar jemput warga yang sakit, kegiatan keagamaan, jemput bola saat warga hendak membayar PBB, serta berbagai kegiatan sosial dan hiburan lainnya yang ada di lingkungan desa," ungkapnya.

2. Program Mobil Maskara mampu kembangkan potensi warga

Pemprov Jabar Turunkan Mobil Bantuan, Bagaimana Respons Masyarakat?Ilustrasi rumah sakit. (IDN Times/Arief Rahmat)

Untuk biaya operasional mobil Maskara, kata Dedi, langsung ditangani pihak desa. Hal itu dilakukan untuk kemudahan warga desa memerlukan mobil tersebut dałam keadaan darurat.

"Alhamdulillah, mobil Maskara sendiri juga sangat membantu warga yang hendak menggelar kenduri. Minimal bisa membantu mengurangi beban biaya jika salah satu warga memerlukan kebutuhan saat hajat," katanya.

3. Bumdes diharapkan bisa maksimalkan program tersebut

Pemprov Jabar Turunkan Mobil Bantuan, Bagaimana Respons Masyarakat?Ridwan Kamil. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Operasional mobil Maskara sendiri di Desa Sukamantri dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) setempat dengan layanan 24 jam untuk warga. Sehingga, Dedi berharap pemanfaatan mobil Maskara benar-benar menjadi wujud kepedulian pemerintah Pemprov Jabar untuk memaksimalkan potensi dari desa bisa dikembangkan.

"Biar tidak sia-sia, karena bantuan ini cukup besar nilainya sehingga pihak pengelola dalam hal ini Bumdes agar menjaga dan merawat keberadaan Maskara demi kelancaran dalam hal pelayanan kupada warga,” katanya.

4. Ridwan Kamil apresiasi program Maskara

Pemprov Jabar Turunkan Mobil Bantuan, Bagaimana Respons Masyarakat?Ridwan Kamil (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengapresiasi desa yang sudah memaksimalkan insentif dari pemerintah Pemprov Jabar ini. Mobil multifungsi itu disebutnya bisa digunakan untuk angkut warga desa yang membutuhkan pertolongan, mengangkut hasil pertanian atau sarana penunjang hiburan dan olahraga.

"Pandemi COVID-19 mengajarkan juga jauh dari kota itu bisa lebih baik. Jadi ada semangat tinggal di desa rejeki kota dengan bisnis mendunia. Itulah semangat Jawa Barat membangun desa dan selalu bersemangat melalui inovasi dan kolaborasi," kata dia.

Baca Juga: Pemprov Jabar Beri Bantuan Korban Rumah Rusak Banjir Bandang Ciwidey

Baca Juga: Pemprov Jabar Minta Bupati dan Wali Kota Tutup Kantor ACT!

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya