Pembebasan Lahan Tol Dalam Kota Bandung Akan Gunakan APBN

Tahap awal pembangunan BIUTR akan dikerjakan tahun ini

Bandung, IDN Times - Pembangunan jalan tol dalam Kota Bandung atau Bandung Intra Urban Tol Road (BIUTR) dimulai tahun ini. Proyek yang direncanakan sejak 17 tahun lalu itu nantinya akan banyak menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Provinsi Jawa Barat, Bambang Tirtoyuliono mengatakan, tahap awal pembangunan dilakukan dengan mengecek kerja sama antara Pemprov Jabar, Kementerian Pekerjaan Umum, dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan beberapa pihak lainnya.

"Proses pembangunan mulai tahun ini, diawali dengan revisi MoU. Tapi kami berharap pengen lebih cepat (groundbreaking) cuma kan sistem penganggaran di kami tidak seindah keinginan," ujar Bambang.

1. Masalah awal BIUTR memang soal dana pembebasan lahan

Pembebasan Lahan Tol Dalam Kota Bandung Akan Gunakan APBN(Istimewa)

Dia menjelaskan, pembangunan BIUTR sendiri sebelumnya direncanakan menggunakan dana dari APBD Pemprov Jawa Barat dan Pemkot Bandung. Namun, dalam kondisi di lapangan, pemerintah daerah merasa anggarannya tidak memenuhi, terutama untuk biaya ganti rugi tanah.

"Problem BIUTR pada awalnya memang soal pembebasan tanah. Kemarin waktu bertemu dengan Kementerian PUPR bersama Pj Gubernur sudah dibahas dan nantinya akan menggunakan APBN, tidak lagi menggunakan anggaran daerah," ucapnya.

2. Trase BIUTR akan dibahas bersama Kementerian PUPR

Pembebasan Lahan Tol Dalam Kota Bandung Akan Gunakan APBN(Istimewa)

Berdasarkan rencana awal, garis rencana jalur atau trase BIUTR akan menghubungkan antara gerbang pintu Tol Pasteur hingga Gedebage. Menurut Bambang, untuk persoalan trase nantinya akan dibahas kembali bersama dengan beberapa pihak terkait lainnya.

"Kemarin pembahasan belum sampai trase yah. Tapi kalau rencana awal kan dari Pasteur ya, kemudian masuk Surapati kemudian Cicaheum nanti nyambung sampai ke Exit Jalan Tol Gedebage 149," katanya.

3. Pemprov Jabar dan Kementerian PUPR akan tindak-lanjuti pembahasan MoU

Pembebasan Lahan Tol Dalam Kota Bandung Akan Gunakan APBNInterchange Jalan Tol Tebing Tinggi - Indrapura. (dok. Hutama Karya)

Bambang menambahkan, BIUTR ini nantinya berupaya jalan layang seperti tol dalam kota di wilayah DKI Jakarta. Untuk perkembangan selanjutnya, Pemprov Jawa Barat akan melakukan pertemuan dengan Kementerian PUPR.

"Nanti kami mau detailkan lagi. Jadi tahap awalnya nanti kami akan review MoU para pihak provinsi kota dan juga kementerian PUPR berikutnya pendalaman kan trase sudah ada jadi tinggal pendalaman didesain," kata dia.

Sebelumnya, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, pemerintah akan membantu percepatan pembangunan sejumlah infrastruktur di Jawa Barat termasuk salah satunya tol dalam Kota Bandung.

Dia mengungkapkan, Kementerian PUPR akan turut memulai proses percepatan pembangunan tol yang sudah mangkrak hampir 17 tahun itu dengan skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

"Untuk mengatasi kemacetan di Kota Bandung, kami sepakat untuk melanjutkan Bandung Intra Urban Tol Road. Jadi akan kami lelangkan segera, kami meneruskan untuk mengatasi kemacetan di Bandung," katanya.

Baca Juga: Dinkes Jabar: Nyamuk Wolbachia di Ujungberung Belum Berdampak

Baca Juga: Bey Machmudin: Proyek Tol Dalam Kota Bandung Dilanjutkan Tahun Ini

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya