Comscore Tracker

Kabupaten dan Kota di Jabar Bisa Menggelar PTM setelah PPKM Mikro

Ridwan Kamil akan sampaikan usulan PPKM mikro hari ini

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) mengusulkan agar pemerintah pusat menerapkan Pembatasan Kegaitan Masyarakat (PPKM) skala mikro. Hal ini dilakukan untuk kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) segera digelar.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil alias Emil mengatakan, kabupaten dan kota di Jabar memiliki jumlah penduduk yang berbeda-beda. Sehingga, aturan PPKM mikro lebih tepat diterapkan di Jabar.

"Usulan Jabar agar PPKM berbasis kecamatan. Nah, kalau usulan Jabar dipenuhi, maka di Kabupaten Bogor sebagai sampel, ada level 4, nanti ada kecamatan dari 40 ada level 2 ada level 1," ujar Emil, Rabu (11/8/2021).

1. PTM tetap digelar dengan aturan penanganan COVID-19 di Jabar

Kabupaten dan Kota di Jabar Bisa Menggelar PTM setelah PPKM MikroRidwan Kamil menghadiri acara Indonesia Millennial Summit by IDN Times (Dok. IDN Times)

Jika penerapan sudah disetujui. Emil mengatakan, PTM dipastikan akan langsung dibuka dengan sejumlah syarat yang harus disesuaikan dengan kondisi pandemik COVID-19. Sebab, meski kasus sudah menurun. Menurutnya, masyarakat jangan sampai lengah.

"Jika sudah PPKM mikro, tatap muka di sekolah bisa dibuka. Kalau PPKM berbasis kota kabupaten ini terlalu pukul rata, menganggap teritorial sama," ungkapnya.

2. PPKM kabupaten dan kota membuat aturan terkesan tidak adil

Kabupaten dan Kota di Jabar Bisa Menggelar PTM setelah PPKM Mikro ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Emil mencontohkan, Kabupaten Karawang jumlah penduduknya tidak bisa disamakan dengan Kabupaten Bandung Barat. Sehingga, ia meminta pemerintah pusat mengkaji aturan PPKM mikro.

"Kota Cimahi yang tiga kecamatan dibandingkan Kabupaten Bogor yang 40 kecamatan kan ga apple to apple. Kabupaten Bogor itu ibaratnya 14 Kota Cimahi dari jumlah rasionya," katanya.

3. Hari ini akan diusulkan pada ketua penanganan COVID-19 pusat

Kabupaten dan Kota di Jabar Bisa Menggelar PTM setelah PPKM MikroMenko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (ANTARA/HO-Kemenko Kemaritiman dan Investasi)

Sampai saat ini, Pemprov Jabar belum mengizinkan kabupaten dan kota menggelar PTM. Adapun sebelumnya, simulasi pembukaan PTM dalam masa pandemik COVID-19 sudah sempat dilakukan beberapa kali di SMA dan SMK yang ada di Jabar. Bahkan, sempat ada aturan kecamatan yang masuk zona hijau maka sekolah diizinkan beroperasi.

"Kalau hari Rabu ini Pak Menko (Luhut Binsar Panjaitan) meloloskan usulan Jabar, yang memang akan digunakan secara nasional yaitu PPKM berbasis kecamatan, Insya Allah tatap muka akan segera hadir. Feeling saya sih setengah Jabar bisa tatap muka," kata dia.

Baca Juga: 15 Kabupaten dan Kota di Jabar Lanjut PPKM Level 3 hingga 16 Agustus

Baca Juga: Protes PPKM, Kafe dan Restoran di Kota Bandung Kibarkan Bendera Putih

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya