Calon Jamaah Haji Jabar 2023 Kedapatan Bawa Barang Terlarang ke Makah

Jemaah membawa rice cooker dan rokok

Bandung, IDN Times - Jamaah haji asal Jawa Barat (Jabar) 2023 kedapatan membawa barang-barang terlarang ke tanah suci Makah, Arab Saudi. Mereka kedapatan membawa rice cooker alias penanak nasi hingga rokok dengan jumlah yang banyak.

Kepada Bidang (Kabid) Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU), Kemenag Jabar, Boy Hari Novian memastikan, barang terlarang yang dibawa bukan senjata tajam, melainkan beberapa barang yang umum di Indonesia namun hal itu dilarang saat berangkat haji.

"Tapi bukan barang terlarang seperti senjata tajam (sajam) ya, yang terdeteksi itu ada rice cooker,  pemanas air, gunting, alat pencukur, ada juga yang bawa rokok dua slop," ujar Boy, dikutip, Sabtu (3/6/2023).

1. Alat elektronik yang dilarang dalam pesawat juga disita

Calon Jamaah Haji Jabar 2023 Kedapatan Bawa Barang Terlarang ke MakahKoper Jemaah Haji Indonesia yang tiba di Madinah. (IDN Times/Sunariyah)

Selain itu, para jemaah calon haji asal Jabar juga banyak membawa beberapa barang terlarang lain yang secara umum tidak diperbolehkan saat berada dalam pesawat. Menurutnya, hal itu dipastikan sudah ditindak sesuai kebijakan bandara.

"Alat-alat elektronik yang memang gak boleh dibawa dalam penerbangan. Rata-rata bawa air minum dalam kemasan (AMDK)," ucapnya.

2. Belum ada jamaah calon haji asal Jabar yang kedapatan bawa jimat

Calon Jamaah Haji Jabar 2023 Kedapatan Bawa Barang Terlarang ke MakahIsi koper Jemaah Haji Indonesia yang tiba di Madinah. (IDN Times/Sunariyah)

Disinggung soal jemaah calon haji yang membawa jimat, Boy mengatakan, hal ini belum ditemukan. Imbauan terhadap larangan membawa jimat sendiri sudah dilakukan secara umum sebelum jemaah calon haji diberangkatkan ke tanah suci.

"(Jimat) gak di embarkasi JKS (Jakarta-Bekasi). Membawa rokok berlebih, dua slop. Terus gunting, alat pencukur jenggot, itu gak boleh," katanya.

3. Sudah 21 kloter Jamaah haji Jabar diberangkatkan

Calon Jamaah Haji Jabar 2023 Kedapatan Bawa Barang Terlarang ke MakahJemaah haji Indonesia tiba di Bandara AMMA, Madinah. (IDN Times/Sunariyah)

Jamaah calon haji asal Jabar sendiri diterbangkan dalam 96 kelompok penerbangan (kloter), di mana dibagi menjadi dua wilayah ada yang berangkat melalui BIJB Kertajati dan ada yang melalui Bandara Soekarno-Hatta. Adapun kini 21 kloter jemaah calon haji Jabar telah diberangkatkan ke tanah suci.

"Sudah 21 kloter, jadi beragam ada satu kloternya ada yang 405 jamaah, ada yang 480 jamaah. ada yang 374 jemaah," ucapnya.

Calon jamaah haji asal Jabar 2023 sendiri mencapai 38.783 orang. Sebanyak 72 kloter terbang melalui bandara Soekarno Hatta dan 24 kloter terbang ke tanah suci melalui BIJB Kertajati. 

Baca Juga: Garuda Tambah 23 Penerbangan Haji, Angkut Jemaah Haji Non-Reguler

Baca Juga: Jemaah Haji Perdana dari Embarkasi Kertajati Jabar Tiba di Madinah

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya