Api Kilang Balongan Padam, Polda Jabar Lakukan Olah TKP

Polda Jabar segera mencari penyebab terjadinya peristiwa ini

Bandung, IDN Times - Kobaran api dari peristiwa terbakarnya tangki minyak RU VI Balongan, Indramayu sudah padam. Kepolisian Daerah Jawa Barat akan langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP), Rabu (7/4/2019), besok. 

Kapolda Jabar Irjen Ahmad Dofiri mengatakan, berdasarkan informasi terbaru di lokasi kebakaran, saat ini api yang melahap tangki minyak di Balongan sudah padam. Dengan demikian, petugas bisa langsung melakukan penyidikan. 

"Setelah dipadamkan, sudah dingin, nanti mudah-mudahan besok nanti dilakukan olah TKP," ujar Dofiri di RS Santika Asih, Kota Bandung, Selasa (6/4/2021). 

1. Penyelidikan akan dilakukan bersama Puslabfor Mabes Polri

Api Kilang Balongan Padam, Polda Jabar Lakukan Olah TKPWarga menyaksikan kebakaran di kompleks Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021) dini hari (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)

Selain dari Polda Jabar, Tim Penyidik gabungan dari Puslabfor Mabes Polri, dan Polres Indramayu akan turut membantu mengungkap penyebab terjadinya kebakaran di area kilang minyak Balongan. Dari peristiwa ini, diduga mengakibatkan banyak kerugian perusahaan.

"Jadi laporan tim forensik juga informasinya besok akan kesana. Jadi kita tahap berikutnya olah TKP dan juga meneliti lebih jauh terkait sebab-sebab terjadinya kebakaran. Mudah-mudahan besok," tuturnya.

2. Warga sekitar akan diminai keterangan

Api Kilang Balongan Padam, Polda Jabar Lakukan Olah TKPApi membumbung tinggi saat terjadi kebakaran di kompleks Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021) dini hari. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Sejumlah pihak-pihak yang akan diperiksa tidak hanya dari PT. Pertamina. Dofiri bilang, penyidik akan meminta keterangan dari pihak di luar perusahaan dan sejumlah saksi mata yang melihat langsung awal terjadinya peristiwa ini.

"Beberapa yang diperiksa, dari internal (perusahaan) dan juga warga masyarakat. Intinya kita ambil keterangan dari warga sekitar dan internal pertaminanya. Nanti lebih masuk lagi setelah olah TKP," katanya.

3. Polda menduga kejadian ini terjadi akibat ada kebocoran

Api Kilang Balongan Padam, Polda Jabar Lakukan Olah TKPKilang Minyak PT Pertamina RU VI Balongan masih keluarkan kepulan asap hitam. (IDN Times/Wildan Ibnu)

Sebelumnya, Kapolda Jabar Irjen Ahmad Dofiri mengatakan, ada beberapa faktor dugaan awal yang membuat kilang minyak Balongan, Indramayu terbakar dan mengakibatkan banyak warga mengungsi.

"Ada rembusan atau bocoran informasi awal itu jadi ada di tangki itu, ini info awal selebihnya nanti karena kemarin ada petir yang cukup besar dan macem-macam lah," ujar Dofiri, Senin (29/3/2021).

4. Pertamina menduga kejadian ini terjadi karena sambaran petir

Api Kilang Balongan Padam, Polda Jabar Lakukan Olah TKPTim HSSE & Fire Fighter Pertamina berupaya memadamkan api di lokasi insiden terbakarnya tangki penyimpan BBM di Kilang Balongan RU VI, Indramayu, Jawa Barat, Rabu (31/3/2021) (ANTARA FOTO/Humas Pertamina/Priyo Widianto)

Meski demikian, Unit Manager Commrel & CSR Pertamina RU VI Balongan Indramayu Cecep Supriyatna mengatakan, sumber kebakaran juga belum dapat diketahui. Namun, dari laporan sementara diduga disebabkan petir.

"Sementara ini kita masih menduga (kebakaran disebabkan) terkena petir," kata dia.

Baca Juga: Api Padam, Polda Jabar Mulai Selidiki Kebakaran di Tangki Balongan

Baca Juga: Api di 2 Tangki Kilang Balongan Pertamina Berhasil Dipadamkan Pagi Ini

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya