Comscore Tracker

51 Koruptor Lapas Sukamiskin Positif Corona, Ini Kata Pemkot Bandung

Pemkot Bandung sudah berkoordinasi dengan Lapas Sukamiskin

Bandung, IDN Times - Sebanyak 51 warga binaan narapidana korupsi di Lapas Sukamiskin dinyatakan positif terinfeksi COVID-19, Senin(8/2/2021). 

Ketua Pelaksana Harian Satgas Penanganan COVID-19 Kota Bandung, Ema Sumarna mengaku telah menerima laporan tersebut dan telah berkoordinasi dengan pihak Lapas Sukamiskin untuk penanganan pencegahan.

"Kegiatan pencegahan yang dilakukan isolasi di kamar sel masing-masing kemudian ada pengobatan pemberian obat-obatan, pemantauan, dan penyemprotan disinfetkan," ujar Ema di Alun-alun Kota Bandung, Selasa (9/2/2021).

1. Pemkot sarankan narapidana positif dengan penyakit bawaan di rawat di rumah sakit

51 Koruptor Lapas Sukamiskin Positif Corona, Ini Kata Pemkot BandungIDN Times/Humas Bandung

Pemkot Bandung juga sudah mengusulkan untuk narapidana yang bergejala, memiliki komorbid atau penyakit bawaan bisa langsung di rawat di Rumah Sakit Hermina. Ema mengatakan, hal itu perlu dilakukan guna meminimalisir terjadinya kejadian di luar dugaan.

"Karantina 14 hari standar pemantauan, tindak swab yang terkena dan koordinais Dinkes dengan layanan kesehatan di lapas. Kemudian kita juga akan kooridnais sosliasiais di internal," ungkapnya.

2. Pelacakan kontak erat sudah dilakukan Lapas Sukamiskin

51 Koruptor Lapas Sukamiskin Positif Corona, Ini Kata Pemkot BandungLapas Sukamiskin, Kota Bandung. (ANTARA News/Bagus Ahmad Rizaldi)

Ema menambahkan, informasi yang didapatkan hingga sampai saat ini menyatakan bahwa ada sejumlah narapidana korupsi yang memerlukan perawatan. Namun, hal ini menurutnya harus berdasarkan surat rujukan.

"Pelacakan kontak erat sudah dilakukan di dalam lapas terlebih dahulu. Untuk di luar belum, mereka isolasi juga di dalam lapas kan," katanya.

3. Kalapas sebut 51 orang yang positif banyak narapidana tipikor

51 Koruptor Lapas Sukamiskin Positif Corona, Ini Kata Pemkot Bandung(Gambaran kapasitas Lapas Sukamiskin Bandung menampung para napi) IDN Times/Arief Rahmat

Untuk diketahui, sebanyak 51 orang warga binaan atau narapidana di Lapas Sukamiskin dinyatakan positif COVID-19. Mereka terinfeksi corona berdasarkan hasil swab antigen yang dilakukan pada Kamis (4/2/2021).

Kalapas Sukamiskin Asep Sutandar mengatakan, 51 orang ini merupakan warga binaan dari terpidana korupsi. Menurutnya, ada tiga orang pegawai di luar itu yang juga dinyatakan positif COVID-19.

"Tiga pegawai sebelumnya dinyatakan positif, itu didapatkan dari pengetesan sebelumnya. Kalau kabar yang sekarang, (pengetesan) kemarin itu, kamis," ujar Asep, saat ditemui IDN Times di Lapas Sukamiskin, Senin (8/2/2021).

4. Narapidana positif kini tengah menjalani isolasi secara mandiri

51 Koruptor Lapas Sukamiskin Positif Corona, Ini Kata Pemkot Bandung(Kalapas Sukamiskin Asep Sutandar) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Seluruh warga binaan yang sudah dinyatakan positif ini telah menjalani isolasi di sel masing-masing. Menurutnya, dokter kesehatan lapas akan terus memantau kesehatan dan penanganan terhadap yang positif.

"Bahwa saya juga prihatin. Kami kerja sama dengan dinas kesehatan untuk segera mengetahui hasil ini. Semuanya isolasi mandiri karena kebetulan one man one cell," katanya.

Baca Juga: Dada Rosada Hingga Bekas Kalapas Sukamiskin Positif COVID-19

Baca Juga: Banjir Kabupaten Subang, Jalan Menuju Pamanukan Lumpuh

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya