TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tingkatkan SDM di Daerah Rebana, Disdik Jabar Buka 12 Jurusan Baru SMK

Jurusan baru ini untuk meningkatkan kualitas SDM

IDN Times/Istimewa

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi Jawa Barat tengah mempersiapkan kualitas Sumber Data Manusia (SDM) di kawasan metropolitan Rebana. Kedepannya, lulusan SDM ini mampu menghadapi tantangan di kawasan Rebana.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dedi Supandi mengatakan, peningkatan SDM dilakukan dengan membuka kompetensi baru di 17 SMK Negeri yang berada di Kawasan Metropolitan Rebana, Jawa Barat. Selain itu, terdapat 12 program keahlian penyelarasan kurikulum SMK berbasis industri tahun 2021.

Dedi mengatakan, penyerahan Surat Keputusan Kompetensi Keahlian Baru di Kawasan Metropolitan Rebana Tahun 2020 - 2023 tersebut telah dilakukan di SMKN 1 Mundu, Jalan Kalijaga Mundu Pesisir, Cirebon, pada Jumat (1/10/2021), lalu.

"Peresmian penambahan 12 jurusan sekolah SMK ini, di lakukan di Cirebon wilayah KCD X atau SMK yang ada di wilayah Kabupaten Subang, Majalengka, Indramayu serta Cirebon, tepatnya bagi daerah Metropolitan Rebana” ujar Dedi Supandi dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Senin(4/10/2021).

1. Mempersiapkan kualitas SDM di kawasan Rebana

IDN Times/Istimewa

Dedi Supandi menilai, adanya jurusan baru ini dapat menjadikan SDM yang mampu menghadapi tantangan di kawasan Metropolitan Rebana.

Selain itu, tambah Dedi, memicu setiap SMK untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajarannya sesuai tuntutan kebutuhan dunia kerja.

"Juga meningkatkan kerja sama yang lebih erat antara lembaga pendidikan (SMK) dengan dunia usaha dunia industri (DUDI) dan asosiasi profesi," tuturnya.

2. Kawasan Rebana menjadi daerah perioritas pembangunan di Jabar

Website

Sementara itu, Wakil Gubernur (Wagub) Jabar, Uu Ruzhanul Ulum yang hadir secara virtual menyatakan, Cirebon-Subang-Majalengka-Indramayu termasuk daerah Rebana yang akan menjadi skala prioritas dalam pembangunan.

"Persiapkanlah orang-orang yang akan memberikan pendidikan. Persiapkan pula sarana dan prasarana menuju rebana di masa yang akan datang," ucapnya.

Baca Juga: Siapkan 1.253 Kuota, Disdik Jabar Kembali Jalan Program JFLS 2021 

Baca Juga: Rebana Metropolitan Masuk dalam RPJMD Perubahan 2018-2023

Berita Terkini Lainnya