Presiden Jokowi: Total Biaya Tol Cisumdawu Rp18,3 Triliun

Pembiayaan ada dari swasta dan KPBU

Bandung, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah meresmikan Tok Cisumdawu, Sumedang pada Selasa (11/7/2023). Presiden Jokowi turut mengungkapkan mahalnya biaya pembangunan tol yang berlokasi di Sumedang ini.

Jokowi mengatakan, pembangunan Tol Cisumdawu ini turut menggunakan anggaran pemerintah Indonesia. Artinya, tidak semua pembangunan tol dari suwasta. Pemerintah turut memberikan uang yang besar dalam pembangunannya.

"Pembangunan Jalan Tol Cisumdawu sepanjang 61,6 km ini menghabiskan anggaran 18,3 triliun rupiah, yang dari pemerintah 9,07 triliun, sisanya dari KPBU dari swasta," ujar Jokowi.

1. Tol Cisumdawu mempermudah akses ke BIJB Kertajati

Presiden Jokowi: Total Biaya Tol Cisumdawu Rp18,3 TriliunTangkap Layar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Tol Cisumdawu sendiri merupakan akses penunjang utama untuk masuk ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Jokowi memastikan, telah diresmikannya Tol Cisumdawu maka akan mempermudah akses ke BIJB Kertajati.

"Kita harapkan dengan operasinya jalan tol ini, ini akan mempermudah konektivitas menuju Bandara Kertajati, ucapnya.

2. Pengerjaan Tol Cisumdawu lalui banyak tantangan

Presiden Jokowi: Total Biaya Tol Cisumdawu Rp18,3 TriliunTangkap Layar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Jokowi menjelaskan, pemerintah pusat saat itu merencakan Tol Cisumdawu ini selesai bebarengan dengan BIJB Kertajati. Namun, karena ada beberapa persoalan soal pembebasan lahan, maka pembangunan lebih cepat BIJB Kertajati.

"Dulu memang ini kita kerjakan bersama-sama agar jalan tol jadi, bandara kertajati juga jadi, berbarengan, kertajati rampung, Cisumdawu rampung, tapi sekali lagi karena pembebasan lahan, airport kertajati selese, Tol Cisumdawu belum selesai, sehingga ini ganggu operasional airport Kertajati," katanya.

3. BIJB Kertajati juga akan beroperasi penuh Oktober 2023

Presiden Jokowi: Total Biaya Tol Cisumdawu Rp18,3 TriliunBandara Internasional Kertajati Jawa Barat (BIJB). (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Presiden Jokowi sendiri telah mengecek kondisi BIJB Kertajati. Dia memastikan, dengan sudah beroperasinya Tol Cisumdawu, maka BIJB Kertajati harus lebih optimal dalam pelayanan penerbangan. Dia meminta agar pada beberapa bulan ke depan BIJB Kertajati bisa beroperasi penuh.

"Airport Kertajati nanti di bulan Oktober (2023) sudah operasional penuh, skerang sudah dimulai dengan penerbangan embaraksi haji Jabar dan beberapa penerbangan yg sudah masuk," kata dia.

Baca Juga: 5 Fakta Jalan Tol Cisumdawu yang Indah dan Permudah Pemudik

Baca Juga: Tol Cisumdawu Beroperasi Penuh Mulai Juni 2023

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya