BIJB Kertajati Layani Kembali Penerbangan Reguler per Oktober 2023

Presiden Jokowi minta BIJB layani penerbangan reguler

Bandung, IDN Times - PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, bakal kembali melayani penerbangan reguler per Oktober 2023. Pengaktifan kembali BIJB Kertajati merupakan arahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo

BIJB Kertajati sendiri sebelumnya sempat melayani penerbangan reguler. Namun, berjalannya waktu, layanan reguler ini dipindahkan ke Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara. Kini, dengan telah diresmikannya Tol Cisumdawu, Presiden Jokowi mengarahkan agar BIJB beroperasi kembali.

"Nantinya dimulai bulan Oktober akan operasi penuh, artinya dari Bandara Husein Sastranegara akan digeser ke Kertajati utamanya untuk yang pesawat jet," ungkap Presiden di BIJB Kertajati, Selasa (11/7/2023).

1. BIJB bakal koordinasi dengan Kemenhub

BIJB Kertajati Layani Kembali Penerbangan Reguler per Oktober 2023Bandara Internasional Kertajati Jawa Barat (BIJB). (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Gayung bersambut, Direktur Utama PT BIJB M. Singgih mengatakan, jajarannya saat ini telah mempersiapkan langkah lanjutan dari Presiden Jokowi. Koordinasi dengan Kementerian Perhubungan juga akan dilakukan agar mempercepat pengoperasian kembali.

"Oktober kita siap, tinggal ini prosesnya di Kemenhub untuk aspek penumpang dan airlines. Kita ikuti perkembangan dari regulator," ujar Singgih melalui keterangan resmi, Selasa (11/7/2023).

2. BIJB Kertajati bakal lebih optimal

BIJB Kertajati Layani Kembali Penerbangan Reguler per Oktober 2023Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati (commons.wikimedia.org)

Singgih sendiri mengartikan kunjungan Presiden Jokowi ke BIJB Kertajati sebagai langkah serius pemerintah pusat untuk mengoptimalkan kembali operasional bandara. Dia meyakini, diresmikannya Tol Cisumdawu akan berdampak baik pada BIJB Kertajati.

"Kunjungan ini juga menjadi bukti bahwa pemerintah keberadaan bandara (ke depan) lebih optimal. Bandara Kertajati akan bangkit. Pemerintah sudah menetapkan keberadaaan bandara ini tepat sesuai sasaran," katanya.

3. Manajemen optimistis BIJB bangkit kembali

BIJB Kertajati Layani Kembali Penerbangan Reguler per Oktober 2023Bandara BIJB Kertajati Dok. Istimewa / WIjaya Karya (WIKA)

Singgih menambahkan, kunjungan presiden ke BIJB Kertajati juga menjadi momentum untuk manajemen kembali menyongsong kebangkitan bandara yang berlokasi di Majalengka ini.

Mengingat, BIJB Kertajati sebelumnya hanya melayani kargo. "Kehadiran Pak Jokowi menghadirkan optimisme bagi bandara ini," kata dia.

Baca Juga: Nasib BIJB Kertajati Bergantung pada Tol Cisumdawu

Baca Juga: BIJB Kertajati Layani Penerbangan ke Malaysia Mulai 17 Mei 2023

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya