Tol Cisumdawu Beroperasi, Presiden Jokowi: BIJB Bandara Masa Depan

Sudah banyak negara yang tawari kerja sama kelola BIJB

Bandung, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menyebut Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati akan menjadi bandara masa depan Indonesia. Hal ini diucapkan usai peresmian Tol Cisumdawu di Sumedang, Selasa (11/7/2023).

Presiden Jokowi mengatakan, akses menuju BIJB Kertajati kini sudah semakin mudah dengan sudah adanya Tol Cisumdawu. Karena, dua proyek nasional ini dulunya merupakan satu kesatuan.

"Saya melihat Airport Kertajati yang didukung Tol Cisumdawu ini adalah airport masa depan kita," ujar Jokowi.

1. Tawaran kerja sama kelola BIJB banyak yang masuk

Tol Cisumdawu Beroperasi, Presiden Jokowi: BIJB Bandara Masa DepanTangkap Layar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Pemerintah Indonesia sebelumnya telah merencanakan agar pembangunan Tol Cisumdawu dan BIJB Kertajati bisa selesai secara bersamaan. Namun, pembangunan BIJB akhirnya lebih dulu selesai. Namun, saat ini akses keduanya sudah saling terhubung. Minat kerjasama dari luar negeri ke BIJB Kertajati juga sudah banyak.

"Karena banyak keinginan negara-negara luar untuk masuk equitynya, berpartner di Kertajati, baik untuk mengoperasikan, juga untuk meningkatkan traffic lalu lintas yang ada. Ini yang kita harapkan," katanya.

2. Berharap BIJB menjadi bandara terbesar

Tol Cisumdawu Beroperasi, Presiden Jokowi: BIJB Bandara Masa DepanTangkap layar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Dengan kondisi BIJB Kertajati yang kini sudah banyak dilirik oleh luar negeri untuk bekerja sama dalam memaksimalkan operasional bandara. Jokowi mengatakan, BIJB Kertajati akan menjadi menjadi bandara terbesar di Indonesia.

"Kalo saya melihat negara negara lain berbondong-bondong masuk, artinya di Kertajati ini ada sesuatu dan kita harapkan ini akan jadi bandara besar di masa datang," katanya.

3. BIJB perlahan mulai bangkit kembali

Tol Cisumdawu Beroperasi, Presiden Jokowi: BIJB Bandara Masa DepanBandara Internasional Kertajati Jawa Barat (BIJB). (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Untuk diketahui, BIJB Kertajati sendiri saat ini sudah mulai bangkit kembali. Pemprov Jabar dan Kemenag pusat telah resmi memberangkatkan jemaah haji sekitar 25 kloter. Adapun jemaah yang bisa berangkat melalui BIJB Kertajati baru dari Ciayumajakuning, Subang dan Sumedang.

Selain itu, BIJB Kertajati juga kini sudah melayani penerbangan untuk beberapa rute melalui beberapa maskapai. BIJB Kertajati juga sudah melayani pemberangkatan umrah sejak April 2023.

Baca Juga: Nasib BIJB Kertajati Bergantung pada Tol Cisumdawu

Baca Juga: BIJB Kertajati Layani Penerbangan ke Malaysia Mulai 17 Mei 2023

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya