TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Nyoblos di TPS 2, Calon Bupati Karawang Ini Bawa Ayam Putih

Ayam putih itu dianggap ikut berdoa mengiringi dirinya

Tangkapan layar Instagram Ahmad Zamakhsyari

Karawang, IDN Times - Ada pemandangan unik yang tak biasa dilakukan calon bupati saat hendak memasuki tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilihan Umum Kepala Daerah serentak.

Di Kabupaten Karawang, calon Bupati Ahmad Zamakhsyari datang ke TPS dengan membawa ayam berwarna putih. Ia menggunakan hak pilihnya di TPS 2 Kampung Pulogadung, Desa Pulosari, Kecamatan Telagasari, Rabu(9/12/2020).

Zamakhsyari yang biasa disapa Jimmy ini datang ke TPS sambil membawa ayam putih, didampingi keluarganya. Saat hendak memasuki area TPS, Jimmy melepas ayam putih itu.

Dalam keterangannya, Ketua PKB Karawang ini menyampaikan alasan kenapa membawa ayam putih saat akan mencoblos. Menurut dia, ayam putih memiliki mitos bisa membawa keberuntungan bagi pemiliknya.

Disampaikan kalau ayam putih yang dibawa itu merupakan ayam peliharaan kesayangannya. Ayam putih itu dianggap ikut berdoa mengiringi dirinya mencalonkan bupati pada Pilkada Karawang tahun ini.

Pada Pilkada Karawang ini, Jimmy didampingi calon wakil bupati Yusni Rinzani. Pasangan Jimmy-Yusni ini diusung PKB, Gerindra dan Hanura.

1. Pakai baju "kebesaran"

Mahendra

Calon Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mencoblos di TPS 27, Kelurahan Karawang Wetan, Kecamatan Karawang Barat saat menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Karawang.

Tidak ada ritual khusus bagi Cellica saat menuju TPS. Calon petahana ini hanya terlihat menggunakan baju "kebesarannya" saat ke TPS.

Baju berwarna biru itu disebut-sebut berbagai kalangan di Karawang sebagai baju "kebesaran", karena baju itu pula yang sering dipakai saat momentum Pilkada Karawang tahun 2015 lalu.

Pada Pilkada Karawang ini, Cellica didampingi calon wakil bupati Aep Syaepuloh. Pasangan Cellica-Aep ini diusung Partai Demokrat, Golkar, PKS dan NasDem.

2. Calon Wakil Bupati Karawang Adly Fairuz tidak mencoblos

instagram.com/adlyfayruz

Calon wakil bupati Adly Fairuz terpaksa tidak bisa menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Karawang, karena tidak terdata dalam daftar pemilih tetap Pilkada Karawang.

Adly sendiri mendampingi calon bupati Yesi Karya Lianti. Pasangan ini diusung PDIP, PBB, PAN dan PPP.

Adly Fairuz tidak masuk daftar pemilih tetap, karena ber-KTP luar Karawang.

Untuk Yesi mencoblos di TPS 1 Dawuan Timur, Kecamatan Cikampek, didampingi sejumlah relawan dan keluarga besarnya.

Berita Terkini Lainnya