TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jelang Nataru, Pemudik Mulai Padati Tol Jakarta-Cikampek

Sistem buka tutup diterapkan tiga menit sekali

Ilustrasi Tol Jakarta-Cikampek (IDN Times/Mahendra)

Karawang, IDN Times - Memasuki musim libur Natal dan Tahun Baru 2020, sejumlah titik di wilayah Kabupaten Karawang pada Sabtu (21/12) terpantau macet. Volume kendaraan dari arah Jakarta cukup padat di jalan Tol Jakarta-Cikampek dan jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II (elevated). Kepadatan juga terjadi di jalan arteri atau jalur Pantura menuju arah Cirebon.

Titik kepadatan arus lalu lintas terjadi sejak memasuki Jalan Tol Jakarta-Cikampek Kilometer 46 hingga Kilometer 58. Selepas rest area kilometer 57, arus lalu lintas kembali normal.

1. Sistem buka tutup

Mahendra

Petugas Jasamarga dan pihak kepolisian sempat memberlakukan sistem buka-tutup di titik pertemuan arus jalan Tol Jakarta-Cikampek pada Sabtu (21/12).

"Buka-tutup diterapkan setiap tiga menit sekali saat arus lalu lintas padat," kata petugas Jasamarga, Dian Iskandar.

2. Buka-tutup di kilometer 48

Mahendra

Sistem buka-tutup diterapkan di jalan Tol Jakarta-Cikampek Kilometer 48. Tujuannya untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas. Kilometer 48 merupakan titik pertemuan arus kendaraan dari arah Jakarta menuju Cikampek yang melintasi jalan Tol Jakarta-Cikampek, dengan jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II.

Selain menerapkan sistem buka tutup, petugas juga beberapa kali memberlakukan sistem contraflow dari kilometer 46 hingga 56.

Berita Terkini Lainnya