Yaya Siapkan Formasi Baru Persib Sepeninggal Luis Milla

Persib masih belum menang dalam tiga laga

Bandung, IDN Times - Persib Bandung telah melakukan latihan perdana tanpa kehadiran Luis Milla. Pelatih asal Spanyol tersebut harus cabut dari Bandung karena ada urusan keluarga yang tidak bisa ditinggalkan.

Yana Sunarya pun dipercaya menjadi pelatih sementara Persib. Sebagai asisten pelatih Luis Milla, dia memastikan beberapa program yang diusung Milla tidak akan dihilangkan.

"Sebagai seorang pelatih yang saya pikir yang punya sedikit pengalaman di situasi itu, saya tidak merubah drastis pola latihan," kata Yaya, Selasa (18/7/2023).

1. Pemain harus bisa beradaptasi dengan pelatih baru

Yaya Siapkan Formasi Baru Persib Sepeninggal Luis MillaIDN Times/Istimewa

Yaya pun bukan ahli siri atau paranomal yang bisa mengubah sebuah tim menjadi bagus secara tiba-tiba. Namun, tetap akan ada perubahan yang dilakukan Yaya dan harapannya para pemain bisa beradaptasi dengan cara dia melatih.

Termasuk dalam sebuah skema pertandingan, Yaya pun bisa melakukan perubahan sesuai kebutuhan tim. Selama ini Persib dikenal dengan pakem formasi 3-4-3, sayang tiga pertandingan menggunakan skema ini belum berhasil membuat Persib mendapatkan kemenangan.

"Kenapa kita tidak bisa bermain 3-5-2, 4-3-2-1, atau misal 4-3-3, kalai misal kita observe dan pelan pelan kita ubah kenapa tidak. Karena Coach Milla juga situasional di pertandingan, kalau misalnya ketinggalan atau compact defend yang lebih kuat 5-3-2, 5-4-1, misal seperti itu," kata dia.

2. Pemain siap raih poin maksimal lawan PSM

Yaya Siapkan Formasi Baru Persib Sepeninggal Luis MillaLiga-Indonesia.id

Untuk laga selanjutnya kontra PSM, Sabtu (22/7/2023), Yaya menaruh respek terhadap tim besutan Bernardo Tavares tersebut. Akan tetapi Yaya sangat percaya akan progres timnya, yang terus berkembang secara pesat, baik di laga kandang maupun tandang.

"Jadi kita bisa liat kualitas sekarang, PSM bisa kalah di rumah sendiri, Persib juga belum membuahkan hasil di rumah sendiri, opsi untuk menang ada, tetapi kita lihat bagaimana perkembangan tim main di luar bisa memenangkan pertandingan," ujar Yaya.

Di sisi lain, Yaya sangat yakin timnya dapat melewati masa-masa sulit seperti ini. Apalagi situasi sulit ini sempat dialami Persib pada awal musim lalu ketika Robert Alberts memilih mundur di awal musim.

"Selama masa start kompetisi selalu seperti ini, sampai akhirnya perjalanan menguatkan, solidaritas tim semakin kuat dari match ke match, akhirnya akan muncul beberapa tim yang memang menjadikan itu, jadi kita menatap optimis setiap pertandingan," tambah Yaya.

3. Persib pastikan cari pelatih baru

Yaya Siapkan Formasi Baru Persib Sepeninggal Luis Millapersib.co.id

PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) langsung bergerak cepat mencari pelatih baru setelah pelatih utama Luis Milla mundur dengan alasan keluarga. Sejumlah kriteria dan parameter disiapkan untuk menentukan pelatih baru mereka.

"Ada beberapa kriteria para calon pelatih yang memang menjadi diskusi kami di internal baik komisaris maupun direksi," ucap Direktur PT PBB Teddy Tjahjono.

Ia mengatakan, sejumlah parameter dipersiapkan untuk menjadi acuan pelatih berikutnya. Keputusan pelatih baru akan ditentukan secara kolektif antara direksi dan komisaris.

Baca Juga: Haruskah Persib Kembali Menggunakan Jasa Pelatih Lokal?

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya