TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Viral Pipa PLTMH di Garut Bocor, PLN: Pasokan Listrik Dipastikan Aman

Polisi tengah menyelidiki penyebab kebocoran pipa

Ilustrasi listrik (IDN Times/Arief Rahmat)

Bandung, IDN Times - Sebuah video yang memperlihatkan semburan air raksasa viral di media sosial. Diketahui air itu berasal dari sebuah pipa pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) Cirompang, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

PLN UP3 Garut menyampaikan adanya kebocoran pipa air pada PLTMH tersebut dipastikan tidak mengganggu pasokan listrik ke masyarakat, khusunya di Garut.

"Untuk dampak ini tidak sampai membuat pelanggan padam," kata Manajer Bagian Jaringan PLN UP3 Garut, Said Haryadi dikutip dari ANTARA, Rabu (30/11/2022).

1. Suplai listrik masih bisa dilakukan pembangkit lainnya

dokumen antaranews

Ia menuturkan kebocoran pipa PLTMH Cirompang di Kampung Rancateureup, Desa/Kecamatan Bungbulang, Garut, dipastikan tidak mengganggu suplai aliran listrik ke masyarakat, terutama di wilayah selatan Garut.

"Aliran listrik tidak terdampak, suplai listrik tetap lancar ke masyarakat," katanya.

Ia menjelaskan alasan tidak terganggunya aliran listrik ke masyarakat karena pasokan dari pembangkit listrik itu sifatnya paralel, jadi masih bisa disuplai dari sumber pembangkit listrik lainnya.

"Karena pembangkit ini sifatnya sinkron atau paralel dengan jaringan PLN 20Kv dari GI," katanya.

2. Polisi telah mendapati keterangan awal kebocoran pipa tersebut

dokumen antaranews

Saat ini polisi telah melakukan pengamanan dan olah tempat kejadian perkara untuk penyelidikan kebocoran pipa tersebut. Kapolsek Bungbulang Iptu Usep mengatakan, keterangan awal terkiat bocornya pipa tersebut telah didapat dari sejumlah saksi.

Ia menuturkan sejumlah personel kepolisian sudah diterjunkan untuk mengecek kebocoran pipa. Peristiwa itu, kata dia, mengakibatkan semburan air kemudian merusak Power House PLTMH Cirompang dan lokasi di sekitaran pipa. Meski begitu kondisi masyarakat sekitar dipastikan aman dari peristiwa tersebut.

"Alhamdulillah masyarakat aman," kata Usep.

Baca Juga: Sel Surya sebagai Sumber Listrik Alternatif ketika Listrik Mati

Berita Terkini Lainnya