TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Telkomsel Luncurkan Program Patriot Desa Digital di Jabar

500 desa akan menjadi percontohan tahun ini

IDN Times/Debbie Sutrisno

Bandung, IDN Times - Telkomsel menyelenggarakan program Patriot Desa Digital. Peluncuran program ini dilakukan di Gedung Sate, Bandung, Senin (1/4).

Irfan Tahrir, Direktur Human Capital Management Telkomsel mengatakan, peluncuran ini dilakukan di Jawa Barat, karena provinsi ini memiliki infrastruktur Telkomsel yang cukup baik. Namun, tidak semua daerah khususnya di pedesaan yang mampu memanfaatkan teknologi ini untuk menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi.

Melalui Patriot Desa Digital ini maka akan ada pelatihan kepada masyarakat di pedesaan agar mampu memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan taraf kesejahteraan. "Ini adalah proyek jangka panjang untuk membangun komunitas digital," ujar Irfan.

1. Pemikiran mengenai pemanfaatan teknologi harus diubah

IDN Times/Debbie Sutrisno

Irfan menuturkan, selama ini banyak produk dari pedesaan yang sebenarnya telah diperjuabelikan ke masyarakat kota. Namun, produk-produk tersebut masih kasar atau kurang bagus ketika akan dijual. Hasilnya harga produk dari pedesaan tergolong murah.

Melalui para patriot desa digital ini, masyarakat desa nantinya akan diberi pembelajaran bagaimana memanfaatkan teknologi untuk menghasilkan uang lebih. Misalnya untuk barang yang diproduksi, barang itu bisa dikemas sedemikian rupa sehingga memiliki nilai jual lebih tinggi.

"Memang yang pertama ini maindset (pemikiran) harus diubah dulu. Dan yang cepat bisa melakukan ini adalah anak-anak muda. Tapi kalau gak ada anak muda kita akan latih juga masyarakat sekitar," paparnya.

2. 500 desa jadi percontohan pertama pada 2019

Instagram

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, selama ini selain ketimpangan infrastruktur antara pedesaan dan perkotaan, juga terdapat ketimpangan akses informasi. Sulitnya akses ini dikarenakan sinyal internet khususnya melalui handphone sulit didapat.

Demi meningkatkan kinerja masyarakat di pedesaan, program Patriot Desa Digital ini direncanakan dalam lima tahun bisa menyentuh seluruh desa di Jawa Barat yang mencapai sekitar 5.000

"Untuk tahun ini kita akan coba di 500 desa bekerja sama dengan Telkomsel," ujar Ridwan Kamil.

Berita Terkini Lainnya