Warga Bandung Dilatih Digital Marketing, Kunci Sukses Bisnis Masa Kini

Penjualan secara digital sudah tidak bisa dihindari

Bandung, IDN Times - Kemampuan memasarkan produk di dunia maya atau digital marketing menjadi kunci untuk membangun bisnis pada era teknologi komunikasi yang makin maju. Tanpa digital marketing pelaku usaha akan sulit bersaing dengan para pebisnis lainnya.

Keperluan agar UMKM mampu memanfatakan cara pemasaran ini membuat sejumlah warga dan pelaku usaha di Kelurahan Cipedes, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung, mengikuti pelatihan yang digelar Pemuda Mahasiswa Nusantara (PMN) Jawa Barat. Koordinator Wilayah PMN Jawa Barat, Marsus Albar mengatakan, melalui pelatihan ini diharap para pelaku usaha mendapatkan berbagai ilmu dan informasi mengenai kewirausahaan dan pemasaran yang memanfaatkan kemajuan teknologi digital.

"Saat ini sangat penting berusaha lewat media sosial yang di mana hari ini penjualan produk kebanyakan itu melalui media sosial," kata Marsus Albar, Minggu (23/7/2023).

1. Kemajuan teknologi harus diimbangi dengan kemampuan penggunaannya

Warga Bandung Dilatih Digital Marketing, Kunci Sukses Bisnis Masa KiniCanva

Kegiatan ini pun mendapat sambutan baik dari masyarakat, khususnya kalangan muda yang tengah membangu usaha. Para peserta mendapatkan berbagai ilmu dan informasi mengenai kewirausahaan dan pemasaran yang memanfaatkan kemajuan teknologi digital saat ini.

Selain digital marketing, pelaku usaha didorong untuk mengembangkan kemampuan lain seperti public speaking hingga teknik desain grafis sederhana.

"Pentingnya mempunyai produk ini, mempunyai keterampilan baik dari public speaking, desain ataupun teknik pemasaran yang nantinya akan menjual produknya di media sosial," ujar Marsus.

Setelah warga tertarik dengan konsep kegiatan yang digelar, para sukarelawan PMN Jawa Barat menjadi lebih mudah untuk melakukan sosialisasi mengenai sosok Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden 2024.

Marsus menilai, sambutan warga sangat positif terhadap kegiatan-kegiatan yang diadakan PMN Jawa Barat selama ini, termasuk tanggapan terhadap kegiatan kali ini.

Oleh karena itu, Marsus mengaku optimistis dukungan dari warga Jawa Barat, khususnya Kota Bandung terhadap Ganjar semakin meningkat dari waktu ke waktu.

"Warga, ataupun bapak-ibu serta pemuda banyak sekali yang mendukung agar nantinya Pak Ganjar bisa terpilih di (Pemilihan) Presiden 2024," ujar Marsus optimistis.

2. Pelatihan seperti ini beri manfaat langsung pada warga

Warga Bandung Dilatih Digital Marketing, Kunci Sukses Bisnis Masa KiniIDN Times/Istimewa

Sementara itu, salah seorang peserta pelatihan bernama Rizal Adiguna mengapresiasi inisiatif para sukarelawan yang telah menggelar kegiatan kali ini.

Menurutnya, materi pelatihan tersebut sangat bermanfaat dan dibutuhkan oleh warga khususnya para pelaku UMKM yang belum berpengalaman dalam menjalankan bisnisnya.

"Alhamdulillah, acaranya bisa berjalan lancar. Bermanfaat juga bagi generasi muda untuk di era digital sekarang memang membutuhkan sekali untuk digital marketing ini," kata Rizal.

Selain itu, pelatihan itu juga dinilai masih bisa diikuti oleh peserta yang belum memiliki bisnis seperti dirinya agar lebih termotivasi untuk mulai berwirausaha.

"Sangat terbantu juga terfasilitasi untuk warga dan pemuda-pemuda di sini. Bareng teman-teman, mudah-mudahan ke depannya bisa berwirausaha di era digital ini dengan marketing digital," ujarnya.

3. Pemerintah dorong UMKM mapu go global dan go digital

Warga Bandung Dilatih Digital Marketing, Kunci Sukses Bisnis Masa KiniIlustrasi pameran produk UMKM. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Pemerintah terus mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia mampu go global dan go digital. Hal tersebut menjadi salah satu strategi pemasaran dengan didasari oleh kepentingan produksi dan distribusi yang lebih luas demi memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

Disamping itu, era modern saat ini membuat digitalisasi memegang bagian penting untuk bisa lebih unggul dalam persaingan di pasar. Sehingga inovasi untuk mengembangkan UMKM dalam negeri dengan cara digitalisasi perlu untuk direalisasikan.

Tuntutan UMKM untuk bisa melakukan pemasaran secara digital yang tinggi ini, juga didukung oleh semakin berkembangnya infrastruktur digital seperti akses internet yang semakin cepat, transaksi online yang bisa dilakukan real time, hingga tarif penggunaan internet yang semakin kompetitif.


Sebelumnya, pemerintah mencanangkan program digitalisasi untuk bisa meningkatkan daya saing UMKM, dengan menargetkan 30 juta pelaku UMKM mampu masuk ke ekosistem digital pada 2024 mendatang.

Baca Juga: 5 Strategi Digital Marketing untuk Meningkatkan Bisnis

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya