Pembuatan Patung Garuda IKN Nusantara Capai 30 Persen

Agustus 2023 dasar kerangka selubung patung akan dipasang

Bandung, IDN Times - Pembuatab patung burung Garuda yang menyelimuti kantor kepresidenan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sudah mencapai 30 persen. Sang seniman, I Nyoman Nuarta memastikan pengerjaan selesai tepat waktu.

Menurut Nyoman, pembangunan selubung yang membentuk patung burung Garuda ini telah dikerjakan bersama timnya di workshop NuArt Sculpture Park, Jalan Setra Duta Hegar, Ciwaruga, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

"Pengerjaan ini telah dilakukan sejak Januari 2023. Saat ini, proses sudah sekitar 30 persen lebih," ujar Nyoman pada IDN Times, dikutip Sabtu (22/7/2023).

1. Ada 300 orang yang bekerja di Workshop Nyoman Nuarta

Pembuatan Patung Garuda IKN Nusantara Capai 30 PersenI Nyoman Nuarta (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Nyoman menjelaskan, pengerjaan dilakukan oleh beberapa tenaga kerja yang berpengalaman. Ada beberapa lisensi khusus yang harus didapatkan timnya dalam membuat selubung patung Garuda kantor kepresidenan IKN Nusantara ini.

"Pekerja ada 300 orang, sekarang ada aturan pekerja hanya 36 tahun. Dan kemarin dibutuhkan lisensi memanjat tinggi, jadi kemarin juga kami ada yang diikutsertakan. Kami dibatasi. Disiplin K3 juga sangat keras," ungkapnya.

2. Dasar kerangka akan dipasang pada Agustus 2023

Pembuatan Patung Garuda IKN Nusantara Capai 30 PersenPengerjaan selubung IKN Nusantara di Workshop Nyoman Nuarta (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Nyoman menargetkan, pada Agustus 2023 ini beberapa kerangka bilang selubung akan dikirim ke lokasi IKN Nusantara, Kalimantan Timur. Namun, pada dasarnya patung yang terdiri dari bilah selubung ini akan dipasang berdasarkan tahapan yang telah ditentukan.

"Agustus (2023) ini kita toping up dari kantor (kepresidenan). Jadi ini masih kerangka, toping up-nya itu untuk pembetonannya," kata Nyoman.

3. Patung Garuda IKN Nusantara dibangun dari 4.854 bilah selubung

Pembuatan Patung Garuda IKN Nusantara Capai 30 PersenI Nyoman Nuarta (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Nyoman mengatakan, untuk membangun patung Garuda IKN Nusantara, ia membutuhkan 4.854 bilah selubung. Adapun dalam satu bilah selubung beratnya mencapai 0,3 ton. Jika ditotal secara keseluruhan maka kebutuhan mencapai sekitar 1.456 ton.

Nyoman mengatakan, pengerjaan selubung ditargetkan akan rampung pada Januari 2024. Adapun untuk ketinggian selubung sendiri mencapai 77,7 meter. Selubung ini berbahan kuningan anti karat dan baja.

"Berat total selubung ini bisa disamakan dengan berat 290 Gajah. Dalam satu hari, kami bisa memproduksi 70 bilah selubung," katanya.

Baca Juga: [WANSUS] Cerita Nyoman Nuarta di Balik Desain Istana Presiden di IKN

Baca Juga: Nyoman Nuarta Jawab Tudingan Istana Negara di IKN Abaikan Ekologis

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya