Tumbang dari PSM, Marc Klok: Sulit Bermain Tanpa Pelatih Kepala

Persib belum menemukan pelatih pengganti Luis Milla

Bandung, IDN Times - Persib tumbang dari PSM Makassr dengan skor 4-2 di Stadion BJ Habibie, Parepare, Sabtu (22/7/2023) malam. Ini merupakan kekahalahn perdana Persib pada kompetisi Liga Indonesia 2023/2024. Akibat kekalahan ini Persib pun harus masuk ke zona degradasi karena hanya punya tiga poin dari empat laga yang sudah dimainkan.

Gelandang Persib Bandung Marc Klok mengaku saat ini Persib sedang kesulitan terlebih baru ditinggal pelatih utama, Luis Milla. Bahkan, seluruh asisten pelatih yang dibawanya pun ikut pergi meninggalkan Persib.

"Karena jika kalian tahu situasi yang terjadi pada klub ini tidak ideal. Sulit bermain tanpa pelatih kepala. Kami berusaha untuk tetap bertarung, tampil sebaik mungkin, dengan lebih menyatu dan bersama-sama untuk meraih hasil terbaik pula," ujar Klok dalam konferensi pers usai laga.

1. Susah untuk bangkit dengan kondisi sekarang

Tumbang dari PSM, Marc Klok: Sulit Bermain Tanpa Pelatih KepalaIDN Times/Istimewa

Persoalan ini pula yang membuat para pemain lebih sulit untuk bangkit menatap setiap pertandingan. Karena ketikaa pada perpisahan maka ada rasa sakit yang terjadi kepada tim yang sekarang sudah menjadi seperti keluarga sendiri.

"Situasi yang kami alami sekarang, setiap individu saling membantu satu sama lain. Karena itu, saya tidak mau mencari alasan, tapi dalam hidup ini situasu yang sangat sulit untuk menunjukkan performa terbaik," kata Klok.

Dia pun meminta maaf kepada pendukung Persib karena belum bisa memberikan satu kemenangan pun dari empat pertandingan.

"Saya harap situasi ini bisa segera dilalui sehingga kita bisa menyatu lagi sebagai satu keluarga dan bisa mendapat hasil bagus lagi," pungkasnya.

2. Persib sudah berupaya tampil maksimal

Tumbang dari PSM, Marc Klok: Sulit Bermain Tanpa Pelatih KepalaYaya Sunarya Persib.co.id

Sementara itu, carateker Persib Yaya Sunarya menyampaikan permohonan maaf atas kekalahan 2-4 timnya dari PSM Makassar. Ini menjadi kekalahan pertama Persin pada musim ini. Atas hasil yng tidak diinginkan tersebut, Yaya pun meminta maaf kepada Bobotoh.

Menurut Yaya, setelah tertinggal 0-3 di babak pertama, para pemainnya mencoba bangkit di babak kedua dan berhsil mencetak dua gol balasan sehingga skor menjadi 2-3.

Namun, ketika sedang berusaha menyamakan skor, gawang Persib kembali kebobolan. Menurut Yaya, hal itu menjadi risiko dalam permainan sepkbola.  

"Inilah sepakbola. Saat ingin menyamakan kedudukan, kita bisa berpotensi kemasukan. Saya minta maaf kepada Bobotoh atas hasil ini," kata Yaya saat konferensi pers setelah pertandingan.

Tak lupa, Yaya juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kerja keras anak asuhnya dalam pertandingan tersebut. "Terutama saat situasi tertinggal," ucapnya.

3. Otak-atik lini pertahanan belum buahkan hasil positif

Tumbang dari PSM, Marc Klok: Sulit Bermain Tanpa Pelatih KepalaIDN Times/Debbie Sutrisno

Kedatangan sejumlah pemain baru di lini belakang seperti Putu Gede dan Alberto nampaknya belum memberikan dampak signifikan pada pertahanan Maung Bandung. Persib justru menjadi salah satu tim dengan angka kemasukan tertinggi, yaitu 10 gol. Meski mampu mencetak gol di seluruh laga, tapi Persib lebih banyak kebobolannya.

Otak-atik taktik pun dilakukan carateker Persib, Yana Sunarya, usai menggantikan Luis Milla. Di laga melawan PSM, Yaya terlihat memainkan skema 3-4-3 dan 4-4-2. Sayang perubahan taktik tersebut masih bisa diobrak-abrik oleh PSM Makassar.

Baca Juga: Mario Gomez Beri Sinyal Kangen Persib Bandung, Gantikan Luis Milla?

Baca Juga: Kalah dari PSM Makassar, Persib Bandung Masuk Zona Degradasi 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya