TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sempat Berhenti karena Banjir, Kereta Api Jurusan Jakarta Jalan Lagi

Penumpang diminta tetap patuhi aturan dan protokol kesehatan

IDN Times/Istimewa

Bandung, IDN Times - Kereta api menuju Jakarta saat ini sudah bisa beroperasi. Pihak PT KAI teleh menyelesaikan perbaikan rel di jalur hilir antara Stasiun Kedunggedeh menuju Stasiun Lemahabang, Kabupaten Bekasi. Sebelumnya, jalur ini tidak dapat dilewati karena tergerus oleh banjir.

"Dengan beroperasinya jalur tersebut, maka perjalanan kereta api dari Daop 2 Bandung ke Jakarta dan sebaliknya sudah dapat dioperasikan kembali mulai siang hari ini," ujar Manager Humasda Daop 2 Bandung, Kuswardoyo melalui siaran pers, Selasa (23/2/2021).

1. Perbaikan pondasi rel masih terus dilakukan

IDN Times/Istimewa

Kereta Apil (KA) pertama yang melintasi jalur tersebut adalah KLB D1/10481 pada pukul 10.29 WIB. Demi pertimbangan keselamatan, untuk sementara waktu KA yang melintasi jalur tersebut masih dibatasi kecepatannya yakni maksimal 10 km/jam, dan secara bertahap akan semakin ditingkatkan.

Kuswardoyo menjelaskan, petugas KAI telah melakukan berbagai langkah dan upaya bekerja secara terus menerus 24 jam untuk normalisasi, menguatkan pondasi, menambah batu balas/kricak, dan memadatkan jalur KA dengan menggunakan alat berat serta melakukan penambahan jumlah personil di lokasi

“Kami atas nama manajemen KAI Daop 2 mengucapkan permohonan maaf kepada para pelanggan karena terganggunya perjalanan dan pelayanan kereta api akibat banjir tersebut" ujar Kuswardoyo.

2. Pengoperasioan double track juga dioptimalkan

Suasana Kereta di tengah pandemik COVID-19 (Dok. Humas KAI)

Dalam waktu dekat, KAI akan terus melakukan peningkatan kemampuan pada jalur double track sehingga dapat dilewati kembali dengan kecepatan normal. Dalam upaya normalisasi ini, seluruh jajaran KAI hingga level Direksi turun langsung ke lapangan untuk ikut memastikan proses pengerjaannya.

"KAI juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak di antaranya Kementerian Perhubungan, juga Pemerintah daerah setempat yang telah memberikan dukungan dan membantu jalannya proses perbaikan jalur KA ini," tutup Kuswardoyo.

Berita Terkini Lainnya