TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ridwan Kamil Minta BUMD di Seluruh Daerah Akselerasi Potensi Migas

Potensi lahan marjinal migas harus dioptimalkan

Gubernur Jabar Ridwan Kamil. IDN Times/Istimewa

Bandung, IDN Times - Ketua Asosiasi Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan (ADPMET) Ridwan Kamil meminta setiap badan usaha milik daerah (BUMD) di masing-masing provinsi bisa mengakselerasi potensi migas dan energi yang ada. Dia menekankan pada ladang marjinal yang selama ini sudah tidak termaksimalkan oleh perusahaan minyak skala nasional.

"Ladang-ladang marjinal yang sudah tidak maksimal di Pertamina dan perusahaan yang lain untuk dikelola oleh BUMD daerah,” ujar Emil melalui siaran pers, Jumat (4/6/2021).

Menurutnya, hal tersebut terbilang mudah dikatakan tapi membutuhkan waktu dalam mengimplementasikannya di lapangan.

“Ini terlihat mudah diucapkan tapi perjuangannya luar biasa. Tapi nanti kesejahteraannya bisa menetes ke daerah-daerah secara langsung,” kata dia.

1. Pembagian hasil antara BUMD dan investor jangan untungkan sebelah pihak

Ridwan Kamil dalam rapat ADPMET di Sumatera Selatan. IDN Times/Istimewa

Selain itu, Kang Emil juga akan mencoba menguatkan pembagian hasil saling menguntungkan dari investor. Sejauh ini baru Pemprov Jabar dan Kalimantan Timur saja yang berhasil mendapatkan bagi hasil dari investor namanya participating interest (PI) 10 persen.

“Berkisar ratusan miliar alhamdulillah, tapi provinsi daerah lain belum. Nah itulah kita akan berbagi perjuangan sila kelima tadi, yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” tambahnya.

2. Pemerintah Provinsi harus bekerja sama dalam semua lini termasuk pangan

IDN Times/Gideon Aritonang

Sementara itu, Gubernur Sumsel Herman Daru mengatakan rakernas ADPMET digelar guna menyamakan persepsi tentang potensi-potensi yang berkaitan dengan migas untuk kemaslahatan masyarakatnya.

“Nah ini tentu butuh kekuatan dan dorongan untuk bersatu di antara penghasil migas dan Insya Allah nanti pangan agar ini dapat terasa manfaatnya bagi masyarakat,” tambahnya.

Baca Juga: Gas Pabrik Bocor, Puluhan Warga Karawang Keracunan dan Dirawat

Berita Terkini Lainnya