Kebakaran di Pasar Sadang Serang, Lebih dari 160 Kios Hangus

Sudah dua jam petugas masih berupaya padamkan api

Bandung, IDN Times - Sebanyak 160 lebih kios di Pasar Sadang Serang Kota Bandung ludes dilahap si jago merah, Jumat (4/8/2023). Kebakaran terjadi di pasar ini sekitar pukul 18.30 WIB, hingga pukul 20.30 WIB api masih belum padam. Petugas kebakaran pun bersama warga masih berupaya memadamkan api yang masih membesar.

Dari informasi dinas kebakaran Kota Bandung, total kios yang ada di pasar ini mencapai 430. Ada kios yang berada di bangunan permanen, ada juga yang masih semi permanen atau menggunakan kayu. Kios yang terbakar kali ini adalah yang semi permanen, berada di tengah bagian belakang pasar.

Danton Rescue Diskar PB Kota Bandung, Totoy mengatakan, pelapor atas nama Herawati menyebut kebakaran ini awalnya dari salah satu kios, kemudian api merambat dengan cepat ke kios lainnya.

"Warga sudah mencoba memadamkan api dengan peralatan seadanya dan sebagian warga menghubungi dinas kebakaran," kata Totoy.

Setelah mendapatkan informasi tersebut, Damkar Bandung langsung menerjunkan dua unit rescue dan mengkontak wilayah UPT Utara. Kurang lebih waktu 10 menit dari pusat sampai di lokasi,

"Kami meluncurkan tim dari beberapa UPT sehingga total ada 12 dengan keseluruhan mobil 20 unit. Tujuan adalah melokalisir awal karena yang terancam si jago merah ini rumah warga yang sebelah selatan. Jadi saat ini api memang masih berkobar dan tim kami melaksanakan melokalisir," kata dia.

Meski sudah mencoba lebih cepat dalam memadamkan api, tapi karena akses jalan yang kecil dan banyaknya warga menonton sehingga anggota sulit untuk mencapai akses kebakaran.

"Sumber air yang sangat jauh dari lokasi kejadian pun menyulitkan tim melakukan pemadaman," kata dia.

Untuk penyebab kebakaran, Totoy masih belum bisa memastikan karena tim fokus melakukan pemadaman lebih dulu.

Baca Juga: Masih Berkobar, Warga Bantu Petugas Damkar Padamkan Api di Pasar Sadang Serang

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya