13 Damkar Diturunkan, Kebakaran di Pasar Sadang Serang Bandung Mulai Padam

Polisi bakal selidiki penyebab kebakaran

Bandung, IDN Times - Hampir empat jam, api yang membakar 160 kios di Pasar Sadang Serang, Kota Bandung, mulai padam. Sebanyak 13 unit kendaraan pemadam kebakaran diturunkan untuk memadamkan api.

Hingga pukul 22.00 WIB, petugas tengah melakukan proses pendinginan di sekitar lokasi agar api tidak kembali membesar.

Sekretaris Diskar PB Kota Bandung, Iwan Rusmawan mengatakan pendinginan dilakukan karena kebakaran di pasar yang banyak tumpukan kayu biasanya membutuhkan waktu agar api benar-benar padam seluruhnya. Jangan sampai api yang kecil di dalam tumpukan reruntuhan kayu kemudian membesar kembali.

"Kondisi sekarang masih pendinginan," kata Sekretaris Diskar PB Kota Bandung, Iwan Rusmawan ketika ditemui pada Jumat (4/8/2023).

1. Waspadai kobaran api yang mungkin membesar

13 Damkar Diturunkan, Kebakaran di Pasar Sadang Serang Bandung Mulai PadamKebakaran di Pasar Sadang Serang, Kota Bandung.

Iwan belum dapat memastikan titik api sudah padam sepenuhnya ataukah belum. Sebab, banyak bahan yang menjadi pemicu api berserakan di pasar. Maka dari itu, proses pendinginan perlu dilakukan untuk memastikan api telah benar-benar padam dan tak merambat ke bangunan lainnya di sekitar pasar.

"Kalau di pasar atau banyak kayu itu sudah selesai kelihatannya tapi tiba-tiba 5 menit muncul lagi. Itu makanya kita tetap pendinginan. Kita jaga dulu agar benar benar safety," ucap dia.

2. 160 kios dilalap si jago merah

13 Damkar Diturunkan, Kebakaran di Pasar Sadang Serang Bandung Mulai PadamKebakaran di Pasar Sadang Serang, Kota Bandung.

Sementara itu, dari data yang dihimpunnya, total ada 430 jongko dan kios yang ada di pasar. Dari angka tersebut, diperkirakan ada 160 jongko dan kios yang habis dilalap oleh si jago merah.

"Itu kepastiannya belum. Karena kita belum periksa ke dalam, sekarang pendinginan dulu. Yang penting padam dulu, kita dinginkan baru kita investigasi karena apanya," ujar dia.

3. Ada petugas yang sempat sulit bernapas

13 Damkar Diturunkan, Kebakaran di Pasar Sadang Serang Bandung Mulai PadamIDN Times/Debbie Sutrisno

menurut Iwan, ada seorang warga dan seorang petugas pemadam kebakaran yang mendapat penanganan medis karena terlalu dekat dengan titik api dan kekurangan oksigen.

"Cuma ada teman dari Diskar kekurangan oksigen. Karena itu asapnya gede banget. Dari warga juga ada yang kekurangan oksigen," ucap dia.

Menurut Iwan, warga sudah diperintahkan oleh petugas agar tak mendekat ke titik api selama pemadaman tapi masih ada warga yang nekat mendekat. Diharapkan, warga dapat lebih patuh terhadap imbauan petugas.

4. Polisi ikut selidiki kebakaran ini

13 Damkar Diturunkan, Kebakaran di Pasar Sadang Serang Bandung Mulai PadamKebakaran di Pasar Sadang Serang Bandung. IDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara itu, Polisi dari Polrestabes Bandung bakal melakukan proses penyelidikan untuk mengungkap penyebab kebakaran di Pasar Sadang Serang, Kota Bandung. Penyelidikan dilakukan usai pendinginan oleh petugas pemadam kebakaran rampung.

"Itu sudah pasti. Setiap ada kebakaran pasti akan dilaksanakan sumber apinya dari mana, asalnya apa, apakah ada kesengajaan atau tidak," kata Kapolrestabes Bandung, Kombes Budi Sartono.

Penyelidikan dilakukan dengan melibatkan unsur terkait seperti pemerintah daerah hingga pengurus pasar. Hingga kini, seperti diketahui, proses pendinginan masih dilakukan oleh petugas untuk memastikan tak ada lagi titik api.

"Anggota belum bisa masuk sampai pemadam kebakaran menyatakan sudah clear, baru kita bisa masuk untuk melaksanakan olah TKP," ucap dia.

Baca Juga: Kebakaran di Pasar Sadang Serang, Lebih dari 160 Kios Hangus

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya