Haji 2023 Selesai, BIJB Layani 25 Kloter dengan Jumlah 9.239 Jamaah 

Proses layanan ibadah haji dari BIJB selesai

Majalengka, IDN Times- Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka telah selesai melayani penerbangan ibadah haji tahun 2023. Sebanyak 9.239 jamaah haji dari 25 Kloter telah kembali ke Tanah Air, lewat Bandara tersebut.

Berakhirnya layanan ibadah haji di BIJB itu ditandai dengan kedatangan ratusan jemaah haji pada Kamis (3/8/2023). Pada hari terakhir kedatangan tersebut, terdapat sebanyak 317 orang jemaah haji dari Kloter 25 mendarat di BIJB.

"Untuk keberangkatan jemaah haji, total ada 9.268 jemaah yang telah diberangkatkan. Dan untuk pelayanan kedatangan jemaah haji telah selesai pada tanggal 03 Agustus 2023. Total ada 9.239 dengan 25 Kloter jemaah yang telah datang dan seluruh proses pemulangan jemaah haji dari Bandara Kertajati berjalan lancar," kata Executive General Manager (EGM) BIJB Nuril Huda, Jumat (4/8/2023

1. Semua proses penerbangan jemaah berjalan lancar

Haji 2023 Selesai, BIJB Layani 25 Kloter dengan Jumlah 9.239 Jamaah BIJB/ Jamaah haji beberapa saat setelah keluar dari pesawat

EGM BIJB memastikan, sejak penerbangan pertama calon jemaah haji pada 28 Mei lalu, semua berjalan lancar. Hal serupa juga terjadi saat kepulangan, hingga kloter terakhir, Kamis (3/8/2022).

"Secara keseluruhan, tidak ada satupun kendala dalam pelayanan jemaah haji. Hal tersebut dilihat dari proses pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji yang berjalan dengan lancar. Sisi kesiapan operasional pun tidak ada kendala yang terjadi.” Ujar Nuril Huda.

2. BIJB pede layani penerbangan umroh dan reguler

Haji 2023 Selesai, BIJB Layani 25 Kloter dengan Jumlah 9.239 Jamaah BIJB/ Jamaah haji antre di BIJB

Keberhasilan BIJB melayani jemaah haji, menjadi modal besar untuk aktivitas penerbangan reguler selanjutnya. Nuril Huda menegaskan, keberhasilan tersebut menandakan dari sisi operasional, BIJB telah siap untuk melayani penerbangan, baik internasional maupun domestik. 

Setelah selesai melayani penerbangan haji, akhir pekan ini BIJB rencananya akan melayani penerbangan umroh.

"Terdekat, Bandara Internasional Kertajati akan melayani Umrah Reguler dengan maskapai Garuda Indonesia, mulai tanggal 6 Agustus 2023. Aakan berjalan setiap pekan dengan pemberangkatan satu kali ibadah umrah," kata Nuril Huda.

3. Keberhasilan layanan haji berkat dukungan semua pihak

Haji 2023 Selesai, BIJB Layani 25 Kloter dengan Jumlah 9.239 Jamaah BIJB/ Jamaah haji siap-siap meninggalkan bandara

Lancarnya layanan penerbangan ibadah haji, diakui Nuril Huda tidak terlepas dari dukungan stakeholder terkait. Di luar itu, Nuril Huda juga menilai, media memiliki peran dalam kelancaran pelaksanaan ibadah haji dari BIJB itu.

“Alhamdulillah lancarnya proses penerbangan jemaah haji ini, tidak terlepas dari dukungan dari seluruh stakeholder terkait. Dan tentu saja para awak media yang telah dengan objektif dalam pemberitaan penerbangan jemaah haji," jelas dia.

Hal senada juga disampaikan Direktur PT BIJB, Muhamad Singgih. Ditegaskannya, selama proses pelayanan haji, semua pihak telah bekerja keras. 

“PT BIJB mengucapkan terima kasih pada seluruh mitra. Tentunya suksesnya penerbangan jemaah haji ini berkat support stakeholder dan mitra yang sangat luar biasa,” jelas Singgih.

Baca Juga: Jemaah Haji Wafat 661 orang, Melebihi Musim Haji 2017 dan 2015

Baca Juga: BIJB Kertajati Layani Kembali Penerbangan Reguler per Oktober 2023

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya