TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Proyek Sodetan Cisangkuy untuk Atasi Banjir Bandung Diprediksi Molor

Banjir masih akan menggenang daerah ini cukup tinggi

IDN Times/Debbie Sutrisno

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau banjir yang terjadi di Kabupaten Bandung, Rabu(1/4). Kondisi banjir di daerah ini sudah terjadi dalam beberapa hari ke belakang karena intensitas hujan yang sangat lebat.

Emil menuturkan, berdasarkan data yang dihimpun rata-rata ketinggian banjir yan terjadi saat ini mencapai empat kali dari banjir biasanya. Dia cukup heran padahal beberapa proyek untuk meminimalisir banjir seperti Curug Jompong dan danau retensi Cienteng sudah dijalankan.

"Ini (banjir) hanya bisa dikurangi kalau sodetan Cisangkuy sudah selesai. Tapi kan ini memang masih dikerjakan, targetnya mudah-mudahan tahun ini selesai," ujar Emil usai melakukan tinjauan, Rabu (1/4).

1. Kemungkinan proyek sodetan cisangkuy mundur

IDN Times/Debbie Sutrisno

Meski menargetkan tahun ini bisa selesai dikerjakan, Emil khawatir kondisi pandemi corona (COVID-19) akan memperlambat pengerjaan proyek sodetan Cisangkuy. Meski demikian, dia akan melakukan koordinasi kembali dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) agar proyek ini bisa selesai sesuai target.

"Mudah-mudahan apa yang bisa kita lakukan sekarang kita bantu dulu. Kami akan segera merapatkan ini dengan PUPR," ujarnya.

2. Curug Jompong dan Sodetan Cisangkuy diyakini mampu minimalisir banjir

(Ilustrasi) Banjir Kabupaten Bandung (Dok. BNPB)

Menurut Emil, dengan dijalankannya terowongan curug jompong, banjir di kabupaten Bandung memang sudah mulai surut dalam waktu cepat. Namun, proyek ini belum maksimal ketika sodetan Cisangkuy tidak diselesaikan.

"Jadi belum bisa 100 persen mampu menangani banjir kalau dua-duanya tidak jalan bersamaan," paparnya.

Selain itu, untuk menjaga agar daerah banjir di kabupaten Bandung tidak terus meluas ada juga proyek danau Andir yang diharap bisa menahan laju air dari pegunungan sebelum masuk ke kabupaten.

Berita Terkini Lainnya