TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pemkot Bandung Uji Coba Penggunaan Delapan Bus Listrik

Bus ini bekas pemakaian G20

IDN Times/Istimewa

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melakukan uji coba penggunaan bus listrik sebanyak delapan unit untuk koridor 5 rute Leuwi Panjang-Dago dari Jumat (16/12/2022). Bus listrik ini merupakan hibah dari Kementerian Perhubungan yang sebelumnya digunakan dalam kegiatan G20.

Kepala Terminal Leuwi Panjang, Kota Bandung Asep Hidayat mengatakan, terdapat delapan bus listrik yang akan menggantikan bus-bus (konvensional) pada koridor lima rute Leuwi Panjang-Dago.

"Uji coba bus listrik sudah dilakukan sejak Jumat pekan lalu sampai saat ini. Animo masyarakat senang bisa naik bus listrik," ujarnya, Selasa (20/12/2022).

1. Warga cukup bayar Rp4.900

IDN Times/Istimewa

Untuk menunjang fasilitas ini terdampat satu tempat pengisian listrik di Terminal Leuwi Panjang. Tempat tersebut bisa dugunakan untuk dua kendaraan dalam satu kali pengisian.

Asep mengatakan bus-bus yang diuji coba dibuat oleh PT Inka. Sedangkan pengelola bus-bus tersebut yaitu DAMRI.

"Bus listrik sudah berbayar Rp4.900 pakai e-money," katanya.

2. Waspada terjadi konsleting

IDN Times/Istimewa

Meski ramah lingkungan kekurangan dari bus listrik yang diuji coba, ia menuturkan penggunaannya harus lebih hati-hati saat terjadi banjir atau terdapat genangan. Sebab dikhawatirkan terjadi korsetling listrik.

"Bila banjir di ruas jalan harus hati-hati menunggu dulu reda. Kekurangannya ga mau masuk ke genangan atau banjir takut korsetling," katanya.

Ia menambahkan bus-bus yang sudah tidak digunakan di koridor lima akan dialihkan ke koridor dua rute Leuwi Panjang-Ledeng. Sehingga diharapkan rute tersebut dapat beroperasi kembali.

Berita Terkini Lainnya