TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pembangunan Flyover Kiaracondong-Buahbatu Tunggu Bantuan Pemprov Jabar

Kemacetan di Bandung sudah tak bisa ditolerir

Ilustrasi Flyover. (youtube.com/Winarno Abdullah)

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung tengah melakukan percepatan dalam pembangunan infrastruktur, salah satunya jembatan layang (fly over). Selain proyek jembatan layang di perlintasan Kopo, salah satu yang tengah diupayakan adalah jembatan yang melintasi perempatan Kiaracondong dan Buahbatu di Jalan Soekarno Hatta.

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, kontruksi pembangunan nantinya bakal dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Namun, sayang jadi soal adalah pembebasan lahan di sekitar area pembangunan fly over tersebut.

"Karena untuk lahan ini anggaran pembebasannya 80 persen itu di provinsi dan 20 persen ada di kita (Pemkot Bandung)," kata Yana, Senin (28/3/2022).

1. Panjang jembatan lebih dari 3 Km

Ilustrasi flyover. (Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR)

Berdasarkan desain awal, jembatan ini akan dibangun dari depan Kantor KPU Kota Bandung. Kemudian naik melintasi perempatan Kiaracondong dan Buahbatu untuk kemudian turun sebelum kantor Bank Mandiri di Batununggal.

"Kalau gak salah ini sekitar 3,7 kilometer (Km). Lumayan ini melintasi dua persimpangan," ujarnya.

2. Mampu atasi kemacetan di sekitar Bandung

IDN Times/Debbie Sutrisno

Menurutnya, pembangunan jembatan layang adalah salah satu opsi untuk mengurangi kemacetan di Kota Bandung. Apalagi dua persimpangan ini kerap menjadi titik macet berkepanjangan untuk masyarakat dari arah Bandung Timur maupun Bandung Barat.

Harapannya proyek ini bisa memberikan dampak positif pada kemacetan di sekitar Soekarno-Hatta yang selama ini mengalami kemacetan setiap pagi hari maupun sore saat, ketika orang pergi dan berangkat kerja.

"Anggarannya saya sudah berkoordinasi dengan Bappenda, dan mereka bilang katanya tidak akan mereka tidak keberatan," kata Yana.

Berita Terkini Lainnya