TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Malam Takbiran, Millennial Membludak Belanja di Pertokoan Distro Bandung

Waspada gelombang kedua pandemik COVID-19 di Bandung

Antrian masuk ke toko distro di Bandung IDN Times/Debbie Sutrisno

Bandung, IDN Times - Jelang perayaan Idul Fitri sejumlah pertokoan baju masih dijejali masyarakat yang ingin membeli barang baru. Setelah kawasan pusat perbelanjaan Pasar Baru, Kings, hingga Yogya Kepatihan, kali ini giliran pusat pertokoan fesyen di sekitar Jalan Sultan Tirtayasa yang jadi lautan manusia.

Dari pantauan IDN Times, kawasan distro ini menjadi sangat padat oleh pembeli. Bahkan, tak sedikit orang berjualan sampai di jalanan dengan membuka tenda atau meja biasa. Masyarakat berjalan menyusuri jalanan tersebut untuk berbelanja hingga memadati ruas jalan yang seharusnya digunakan kendaraan.

Terkait hal ini, Wali Kota Bandung Oded M Danial mengaku telah meminta para aparatnya untuk terus memantau mobilitas masyarakat di malam Idulfitri ini.

"Pokoknya saya meminta ke teman-teman di lapangan jangan sampai ada kerumunan," kata Oded saat melakukan pemantauan titik penyekatan, Rabu (12/5/2021).

1. Padagang sampai berjualan di trotoar

IDN Times/Debbie Sutrisno

Adapun kawasan tersebut, baik Jalan Trunojoyo dan Jalan Sultan Agung memang kerap dituju para pemuda dan pemudi untuk berbelanja pakaian menjelang Lebaran.

Akibatnya arus lalu lintas di jalan tersebut menjadi tersendat karena lalu lalang para pejalan kaki yang tumpah. Pasalnya ada beberapa pedagang pakaian yang menggunakan trotoar untuk melapak.

Selain itu, sejumlah ruas jalan di kawasan itu pun berubah menjadi tempat parkir untuk sepeda motor. Sehingga jalan menjadi sempit hingga tak sedikit kendaraan yang memutar balik.

Padahal, sejumlah akses menuju kawasan tersebut telah ditutup oleh pihak kepolisian untuk mengurangi kerumunan masyarakat.

2. Kondisi serupa terjadi di Jalan Dalem Kaum hingga Jalan Citarum

IDN Times/Debbie Sutrisno

Selain di kawasan itu, kawasan pusat perbelanjaan lainnya di Jalan Dalem Kaum dan Jalan Kepatihan juga sempat dipadati oleh masyarakat. Selain itu kepadatan juga terpantau di Jalan Citarum di mana jalanan ditutup dan para pedagang tumpah ruah ke jalanan.

Meski di sejumlah kawasan itu aparat seperti Satpol PP dan kepolisian telah bersiaga, namun gelombang masyarakat yang berkunjung tetap melonjak.

Berita Terkini Lainnya