TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Emil Imbau Kepala Daerah Aktif Suplai Air ke Warga yang Kekeringan

Rekayasa iklim jadi solusi singkat atasi persoalan ini

Dok. IDN Times/ Istimewa

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengimbau seluruh kepala daerah lebih aktif dalam mengantisipasi dampak kekeringan yang terjadi pada musim kemarau ini. Terlebih kebutuhan warga akan air menurun. Untuk itu kepala daerah wajib mengirimkan mobil pengangkut dari setiap PDAM ke daerah yang warganya membutuhkan air bersih.

PDAM setiap daerah, lanjut Ridwan Kamil, memiliki mobil yang bisa menampung air dalam jumlah besar. Maka, ketika ada masyarakat yang memang membutuhkan air bersih, mereka wajib berangkat ke daerah tersebut bagaimanapun kondisi infrastrukturnya.

"Sediakan truk-truk PDAM untuk memberi air ke masyarakat. Itu harus dilakukan," kata Ridwan Kamil ditemui di Gedung Pakuan, Rabu (3/7).

1. Lahan pertanian pun harus diawasi ketersedian airnya

pexels.com

Selain kebutuhan suplai air bersih kepada masyarakat, Emil, sapaan akrabnya meminta kepala daerah pun mengecek daerah lahan pertanian yang kerap alami kekeringan. Untuk mengoptimalkan air yang makin menipis, maka penggunaan air ke lahan pertanian harus seefektif mungkin.

"Untuk irigasi, kita akan menyesuaikan pengaturan debit air. Yang dulu gede, kita atur lebih efisien, sehingga persawahan-persawahan bisa mendapatkan air, walau tak semaksimal sebelumnya," kata Emil.

2. Rekayasa iklim bisa jadi solusi singkat

hipwee.com

Jika kekeringan semakin mengkhawatirkan, maka rekayasa iklim bisa jadi solusi sementara agar lahan pertanian minimal tidak rusak. Ini penting karena lahan tersebut bisa berdampak besar pada kebutuhan pangan masyarakat.

"Kemungkinan saya akan usul ke pemerintah pusat kalau kekeringan sudah ekstrem untuk dilakukan rekayasa iklim. Ini dulu juga dilakukan untuk meningkatkan jumlah intensitas air hujan," katanya.

Baca Juga: Dilanda Kekeringan, Warga Tuban Jalan Kaki 1 Km Demi Dapatkan Air

Baca Juga: Awal Kemarau, 10 Daerah Mulai Dilanda Kekeringan

Berita Terkini Lainnya