TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tim DVI Polri Bantu Identifikasi Jasad Korban Tanah Longsor di KBB

Tiga jasad korban longsor sudah ditemukan

(Bangkit Rizki/IDN Times)

Bandung, IDN Times - Post mortem dan ante mortem dilakukan dalam proses identifikasi para korban yang dilaporkan tertimbun longsor pada Minggu (24/3/2024). Ante mortem merupakan identifikasi terhadap korban dengan mengambil data dari pihak keluarga.

Aldi mengatakan, Tim DVI Polda Jabar itu sebelumnya sudah melakukan Tim DVI sudah melakukan proses ante mortem yaitu melakukan pengambilan sampel DNA 10 keluarga korban hilang. Sampel DNA nantinya akan dicocokan dalam proses post mortem dengan jasad yang sudah ditemukan.

Proses post mortem akan dilakukan Tim DVI di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cililin. Sejauh ini, petugas gabungan sudah menemukan tiga jasa korban yang tertimbun longsor. Ketiga jasad sudah dibawa ke rumah sakit.

"Sehingga nanti kalau korban ditemukan tak selamat atau dalam keadaan mayat rusak, maka akan dicocokkan dengan sampel DNA posko antemortem," ujar Aldi.

1. Polisi kerahkan anjing pelacak

(Bangkit Rizki/IDN Times)

Hingga saat ini, Tim SAR gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Basarnas, TNI-POLRI, dan relawan masih melakukan pencarian terhadap korban. Petugas menggunakan alat sederhana cangkul, pompa penyemprot air atau alkon, dan anjing pelacak atau tim K-9 untuk mencari sisa korban yang tertimbun longsor karena akses alat berat ke lokasi sulit.

"Petugas menurunkan anjing pelacak dan alat sederhana untuk mencari korban tertimbun longsor, mengingat akses alat berat tidak memungkinkan sampai ke lokasi," kata Aldi.

2. Petugas temukan 3 korban

(Bangkit Rizki/IDN Times)

Sebelumnya, Tim Sar Gabungan menemukan jiga jasad korban yang tertimbun longsor di Kampung Gintung, RT 04/07, Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat. Ketiganya ditemukan pada Selasa (26/3/2024).

Sebelumnya, Tim Sar Gabungan menerima laporan ada 10 warga yang dilaporkan hilang dalam peristiwa longsor yang menerjang pada Minggu (24/3/2024) malam. Para korban itu diduga 'terkubur' saat kejadian.

"Kami ucapkan terlebih dahulu Innalillahi wa Inna Ilaihi Raajiun. Turut berduka cita, tim Sar Gabungan menemukan tiga jasad yang tertimbun di worksheet A," kata Kepala Seksi Operasi dan Siaga pada Basarnas Bandung, Supriono di lokasi.

Berita Terkini Lainnya