Evaluasi Polisi: Parkir Kendaraan Braga Beken Perlu Dibenahi

Masyarakat masih ada yang parkir di area trotoar jalan

Bandung, IDN Times - Penerapan Braga Bebas Kendaraan atau Braga Beken setiap hari Sabtu dan Minggu masih memerlukan perbaikan. Salah satunya kesadaran masyarakat dalam memarkirkan kendaraannya yang belum pada tempatnya.

Kasatlantas Polrestabes Bandung, AKBP Eko Iskandar mengatakan, parkir yang tidak pada tempatnya itu kebanyakan terjadi di bahu jalan dan mengganggu hingga membuat kepadatan kendaraan. Kondisi itu ditemukan di Jalan Asia-Afrika depan Alun-alun Bandung dan Jalan Banceuy, serta Jalan ABC.

"Ini menjadi evaluasi kami dan sudah kami bahas dengan instansi terkait Pj Wali Kota, Kapolrestabes, Dishub dan PU, sehingga trotoar yang ada di Alun-alun Bandung dibongkar, diharapkan tidak menimbulkan kemacetan lagi," ujar Eko, Kamis (9/5/2024).

1. Kemacetan signifikan tidak ditemukan

Evaluasi Polisi: Parkir Kendaraan Braga Beken Perlu Dibenahi(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Meski begitu, Eko mengungkapkan, ada beberapa perbedaan arus lalu lintas setelah penerapan Braga Beken. Salah satunya Jalan Naripan yang semula diprediksi bakal terjadi kemacetan justru lebih lancar dibanding hari biasa.

"Biasanya kalau sudah siang menjelang sore, di sana kan macet. Setelah ditutup, tidak ada kendaraan yang melewati Jalan Braga, Jalan Naripan ini landai," ujar Eko.

2. Masyarakat menyambut baik program ini

Evaluasi Polisi: Parkir Kendaraan Braga Beken Perlu Dibenahi(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Secara umum, kata dia, penerapan Braga Beken pertama kali pada minggu kemarin sudah berjalan lancar dan mendapat respons positif dari masyarakat. Termasuk penduduk sekitar wilayah Braga.

"Tanggapan masyarakat sangat positif termasuk dari warga sepanjang jalan Braga, pemilik toko dan hotel karena mengundang antusias masyarakat dan secara umum tidak terjadi kemacetan," katanya.

3. Pemkot Bandung pastikan ada sebelas kantung parkir yang sudah disediakan

Evaluasi Polisi: Parkir Kendaraan Braga Beken Perlu DibenahiHumas/Pemkot Bandung

Untuk diketahui, Pemerintah Kota Bandung resmi menerapkan Braga Bebas kendaraan atau kini disebut Beken, Sabtu (4/5/2023). Adapun kegiatan ini nantinya melarang kendaraan roda dua dan roda empat melewati Jalan Braga setiap libur akhir pekan.

Pemerintah Kota Bandung juga telah menyiapkan sebelas kantung parkir di sekitar Braga yang bisa diakses masyarakat ketika hendak berkunjung pada akhir pekan.

Sebelum ditetapkan dengan nama Braga Beken, Pemkot Bandung sebelumnya menamai kegiatan itu dengan Braga Free Vehilche. Namun karena berbagai pertimbangan, akhirnya kegiatan itu berganti nama menjadi Braga Beken.

Baca Juga: PPDB Jabar: 128 Kecamatan Tak Punya Sekolah Bakal Dapat Jalur Khusus

Baca Juga: PPDB Jabar 2024, Bey Minta Bersih dari Pungli dan Titipan

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya